142 Atlet Pelajar Uji Prestasi Pada Ajang O2SN Se-Kota Binjai

MEDANSPORT.ID-BINJAI-Sebanyak 142 atlet pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bertanding dalam arena pekan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Binjai. Kegiatam uji prestasi bidang olahraga ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai di GOR Baru, Jalan Danau Poso, Km 18, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan O2SN sebagai implementasi dari semangat merdeka belajar. Pembukaan O2SN kota Binjai juga menampilkan pertunjukan atraksi pencak silat binaan Risman Junaidi Nasution S.Pd dari sekolah MTsN Binjai.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Binjai Erwin Nainggolan, SE menghadiri sekaligus membuka Kegiatan O2SN jenjang SMP tingkat Kota Binjai. Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Binjai hadir bersama kepala-kepala sekolah SMP Negeri dan Swasta se-Kota Binjai yang tergabung dalam Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS).
“Dinas pendidikan Kota Binjai berusaha memfasilitasi minat, bakat dan kecerdasan anak didik. Pada hari ini minat, bakat anak pada olahraga difasilitasi melalui O2SN. Sekaligus menandai semangat merdeka belajar untuk berprestasi yang nantinya mewakili kota Binjai di tingkat Provinsi Sumatera Utara”, ujar Erwin Nainggolan, SE dalam sambutannya.

Ia mengatakan telah lebih dari satu dasawarsa, O2SN berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah sampai tingkat nasional sehingga dapat mewadahi talenta peserta didik khususnya dalam bidang pembinaan olahraga. Diharapkan lewat O2SN akan muncul bibit-bibit atlet dari kota Binjai yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Lebih lanjut Erwin menuturkan pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah menengah pertama yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan.

Erwin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Kepala Sekolah SMP sederajat baik negeri maupun swasta yang telah mengembangkan minat, bakat bagi siswa-siswinya melalui peran guru-guru olahraga di sekolah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Panitia O2SN sekaligus ketua MGMP Olahraga Kota Binjai Sri Wahyuni Retnoningsih, S.Pd melaporkan jumlah peserta sebanyak 142 atlet pelajar yang mengikuti ajang O2SN tingkat Kota Binjai dengan mempertandingkan 5 cabang olahraga, yakni atletik, bulutangkis, renang, pencak silat dan Karate. Kegiatan O2SN ini berlangsung dari tanggal 13 Juni 2023 dan berakhir tanggal 20 Juni 2023, mendatang.

Sri menjelaskan olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Menengah Pertama (O2SN-SMP) yang dilaksanakan setiap tahun

Disisi lain, Ketua MKKS SMP Kota Binjai Drs. Sofyan M.Pd didampingi sekretaris Dirham Siregar, S.Pd mengatakan O2SN menjadi ajang penyaluran bakat, minat, keterampilan hingga pengembangan bakat para pelajar SMP di kota Binjai. Kegiatan O2SN-SMP se-kota Binjai ini merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

“Kegiatan O2SN-SMP se-kota Binjai ini juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini”, tutupnya. (*)

Baca Juga