Kalah Saing dengan Arsenal, Man City Angkat Piala FA ke-7

MEDANSPORT.ID - MANCHESTER - Mancheter City membungkam tim sekota Manchester United pada partai final Piala FA Cup 2022/2023. Hasilnya duo gol kapten Man City Ilkay Gundogan membawa si biru langit meraih gelar untuk ke 7 kalinya.

Pun begitu anak asuh Pep Guardiola ini kalah bersaing dengan Arsenal yang telah membawa pulang supremasi piala tersebut sebanyak 14 kali. Pastinya pada laga tersebut The Citizens membawa uang sebesar ,8 juta poundsterling atau sekitar Rp 35,001 miliar. Pada laga itu Man City menang tipis 2-1 atas Man United.

Adapun satu-satunya gol balasan MU lahir dari Bruno Fernandes. Man City yang berstatus sebagai juara Liga Inggris musim ini langsung mendapatkan berkah hanya belasan detik setelah sepak mula. Laga baru berjalan 13 detik, Man City berhasil mencetak gol. Adalah Ilkay Gundogan, kapten tim yang melesakkan gol indah lewat tendangan voli dari luar kotak penalti.

Berawal dari bola sapuan pemain belakang MU yang mengantisipasi pergerakan Kevin De Bruyne. Bola liar disambar dengan tendangan keras kaki kanan Gundogan dan membuat kiper David De Gea hanya bisa terperangah. Usai unggul cepat, Man City terus melancarkan serangan bertubi-tubi. Di antaranya peluang dari Rodri dan Jack Grealish. MU cukup terkurung dalam sepuluh menit pertama.

Wasit menunjuk titik putih sebagai tanda tendangan penalti untuk MU pada menit ke-30. Wasit Paul Tierney mengecek VAR setelah Jack Grealish melakukan handsball akibat bola sundulan Wan-Bissaka. Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor berhasil menaklukkan kiper Man City Stefan Ortega dengan tendangan pelan namun terarah ke pojok kiri.

Kemudian pertandingan berjalan ketat dan saling memberikan tekanan. Namun skor 1-1 bertahan hingga waktu turun minum. Babak kedua berjalan enam menit, Man City kembali unggul. Lagi-lagi Ilkay Gundogan membuat gol indah untuk kedua kalinya.

Bola hasil tendangan kaki kanannya dair luar kotak penalti, menghujam deras ke gawang David De Gea. Gundogan benar-benar menjadi bintang bagi The Citizens dalam pertandingan ini setelah dua gol dengan proses serupa ia ciptakan.

Menit ke-70, Ilkay Gundogan hampir mencatat hattrick saat kembali membobol gawang MU. Namun ia lebih dulu terjebak dalam posisi offside. MU memasukkan striker Wout Weghorst untuk meningkatkan serangannya, namun masih belum berhasil. Tim Setan Merah menemukan momentum untuk menggempur gawang Man City di menit-menit akhir waktu normal.

Kedudukan 2-1 untuk kemenangan Man City atas MU bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Man City pun berhasil merengkuh gelar juara Piala FA 2022/2023. (bln/nt)