SDN 064036 dan SMPN 4 Juara Cabor Gulat Popkot Kota Medan

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Kontingen SDN 064036 dan SMPN 4 tampil sebagai juara Cabang Olahraga (Cabor) gulat pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkot) Medan 2023. Kejuaraan antar pelajar se-kota Medan ini digelar di aula Advent Jalan Air Bersih Ujung, Medan, Senin (29/5/2023) dan Selasa (30/5/2023).

Tingkat SD, kontingen SDN 064036 tampil sebagai pengumpul medali terbanyak dengan rincian 1 medali emas, 3 medali perak dan 1 medali perunggu. Posisi kedua SDN 060819 dengan torehan 1 medali emas dan 2 medali perunggu. Peringkat ketiga ditempati SDN 064030 dengan torehan 1 medali emas.

Tingkat SMP, kontingen SMPN 4 tampil sebagai yang terbaik dengan memperoleh 3 medali emas, 2 medali perak dan 5 medali perunggu. Peringkat kedua diraih SMP Muhammadiyah 04 dengan torehan 2 medali emas dan 3 medali perunggu, sementara posisi ketiga diperoleh SMP 14 dengan mendulang 1 medali emas.

“Popkot tahun ini dikuti sebanyak 167 peserta putra dan putri yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekota Medan. Jika dibandingkan Popkot tahun sebelumnya sebanyak 105 atlet sehingga terjadi kenaikan sebesar 37 persen peserta pada tahun ini. Kenaian peserta pada tahun ini membuktikan para pelajar kota Medan semakin antusias untuk menjadi atlet gulat” ujar Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kota Medan, Mangasi Simangunsong di aula Advent Jalan Air Bersih Ujung Medan, Selasa (30/5/2023).

Ditambahkan, Popkot 2023 pada mulanya mempertandingkan 9 kelas. Namun karena perserta membludak maka pertandingan ditambah menjadi 22 kelas sehingga ada 31 kelas yang dipertandingkan.

Adanya Popkot ini sebagai ajang pencarian bibit atlet gulat yang potensi untuk dilakukan pembinaan sehingga ke depannya, kota Medan terus melahirkan pengulat-pegulat yang tangguh dan memiliki mental juara untuk mengharumkan kota Medan pada level regional, nasional bahkan internasional.

Lebih lanjut ia mengatakan pembinaan olahraga gulat di Medan harus benar-benar berjalan sesuai dengan harapan Walikota Medan untuk menjadikan Medan sebagai kota atlet. Bakat-bakat untuk menjadi pegulat Medan bermuncuan. Fenomena ini jelas terlihat dalam pentas olahraga kota Medan yang berlangsung 29-30 Mei 2023.

“Banyak di antaranya yang baru belajar gulat ternyata gaya permainan di matras sudah seperti pegulat sungguhan. Di kelompok umur 10 tahun, dalam pertandingan final sebagian pegulat cilik ini sudah mulai menggunakan teknik dalam olahraga gulat. Untuk itu, kepada penggulat yang ingin mendalami teknik gulat lebih baik lagi dapat mendaftarkan diri ke PGSI Medan dengan lokasi latihan di aula Advent Jalan Air Bersih Ujung Medan tanpa dipungut bayaran dengan syarat harus mendapat izin dari orang tua," tutupnya. (*)

Penulis: Bayu

Baca Juga