Pemkot Medan Kuras Dana Rp 195 Miliar Revitalisasi Stadion Kebun Bunga

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pemkot Medan bakal merevitalisasi Stadion Kebun Bunga di Jalan Candi Borobudur, Medan. Revitalisasi tersebut akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 195 miliar. Hal itu diketahui dari website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Medan dilansir detikSumut, Kamis (25/5/2023). Total sekitar Rp 195 miliar itu merupakan gabungan dari dua paket tender, yakni jasa konsultasi manajemen kontruksi dan pengerjaan fisik.

Untuk jasa konsultasi manajemen konstruksi, paket tender tersebut berkode 3626308. Dengan nilai HPS tender senilai Rp 3 miliar. "Nilai Pagu Paket Rp 3.075.000.000, Nilai HPS Paket Rp 3.066.845.000," demikian tertulis dalam LPSE.

Sedangkan untuk pengerjaan fisik revitalisasi Stadion Kebun Bunga, memiliki kode tender 13716308. Nilai proyek yang ditetapkan adalah sebesar Rp 192 miliar. "Nilai Pagu Paket Rp 205.000.000.000, Nilai HPS Paket Rp 192.614.020.000," tertulis di LPSE.

Kedua paket tender revitalisasi tersebut sudah memiliki pemenang masing-masing. Pembiayaan revitalisasi itu akan dibebankan ke APBD Kota Medan dengan skema multiyears, yaitu tahun 2023 dan 2024.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan menjadi satuan kerja yang menangani revitalisasi tersebut. Rencananya, peletakan batu pertama akan dilakukan siang nanti oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Iya benar, besok jam 2 siang (peletakan batu pertama)," kata Kabid Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Bangunan Pemerintah, Herbert Hamonangan Panjaitan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Pulungan Harahap menyebutkan, Stadion yang dibangun 31 Agustus 1973 silam itu, akan tetap mempertahankan keberadaan lapangan sepakbola. Selain itu, akan dibangun GOR mini yang bisa digunakan untuk futsal hingga badminton.

"Jadi, GOR mini itu luasnya seperti lapangan futsal. Nanti, bisa dipakai untuk ragam aktifitas misalnya basket, tenis meja, badminton, tinju, senam bahkan kegiatan-kegiatan Pemkot Medan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW pun bisa digunakan karena dapat menampung hampir seribu orang," ungkapnya.

Sejumlah fasilitas GOR Mini, di Stadion Kebun Bunga juga akan ada lapangan voli dan panjat tebing. Bahkan akan ada lintasan skateboard, sepeda BMX dan taman.

"Stadion Kebun Bunga juga nantinya akan dilengkapi dengan lapangan voli dan panjang tebing. Lalu, imbuhnya, di area pelataran juga akan dibuat untuk arena skateboard, sepeda BMX, parkour dan taman yang akan melengkapi arena pelataran," ujarnya.

Di akhir, Pulungan menuturkan akan ada juga kantor pengelola dan lahan untuk UMKM berjualan, sehingga bisa digunakan sebagai lokasi nongkrong bagi masyarakat. Selain itu, akan ada juga layar yang akan memuat informasi tentang sejarah sepakbola di Sumut, khususnya Medan.

Untuk diketahui, Stadion Kebun Bunga biasa dipakai PSMS Medan sebagai tempat latihan. Selain itu, mess yang berada di lokasi tersebut juga dijadikan oleh squad Ayam Kinantan sebagai penginapan dan sekaligus kantor mereka. (dts/nt)

Penulis:

Baca Juga