Bangkitkan Gelora Atletik

Event SAJ PASI Sumut Catatkan Rekor

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Sumut membuat rekor. Sebab, kegiatan Sumut Atletik Juara (SAJ) yang digelar di Medan diikuti 24.900 peserta. Ketua Umum PB PASI Sumut, David Luther Lubis mengatakan, pihaknya ingin terus menggelar kejuaraan. Dengan begitu, dia yakini cabang olah raga atletik akan bangkit.

"Ini adalah sejarah baru yang diukir Sumut untuk Indonesia. Belum pernah ada kejuaraan lari dengan jumlah 24.900 peserta, terbanyak di Indonesia. PB PASI Sumut mencatat rekor dengan jumlah peserta terbanyak," ujar David melalui keterangannya, Senin (19/3/2023).

Event SAJ sendiri digelar di Medan pada Minggu (19/3/2023) kemarin. David ingin menjadikan kejuaraan antar pelajar ini sebagai salah satu program kegiatan, sejalan dengan keinginan seluruh pengurus untuk lebih memasyarakatkan atletik mulai dari tingkat SD, dengan target jangka panjang menjaring talenta-talenta atletik potensial untuk nantinya dibina lebih lanjut menjadi atlet andalan.

"Paling tidak dari event ini kita turut mendukung program pemerintah menyehatkan dan mencerdaskan anak bangsa," ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, menilai lomba lari ini merupakan pemanasan sebelum Pekan Olahraga Nasional (PON) diadakan pada tahun 2024 nanti. Dengan sering mengikuti kejuaraan, Edy yakin kemampuan atlet akan semakin terasah. "Sehingga para atlet kita siap nantinya," tandas Gubsu Edy. (dts/nt)