Diikuti Ribuan Pelajar Kota Medan

Gubsu: SAJ Pemasan Pra PON 2024

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas ribuan peserta lomba lari Sumut Atletik Juara (SAJ). Namun sebelum melepas peserta loma lari itu, Edy Rahmayadi terlebih dulu membakar semangat para peserta.

Dikatakan Edy, olahraga merupakan salah satu kebanggaan Sumut. Untuk itu, Ia mengajak semua peserta untuk berjuang menjadi juara. “Inilah kita, Sumut… Bermartabat, Sumut… Bermartabat,” kata Edy, diikuti seluruh peserta pada garis start yang terletak di depan Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Minggu (19/3/2023).

Menurut Edy, lomba lari ini merupakan pemanasan sebelum Pekan Olahraga Nasional (PON) diadakan pada tahun 2024 nanti. Para atlet sangat membutuhkan event atau pertandingan sebelum bertanding pada PON nanti. Melalui pertandingan atau lomba-lomba mental para atlet akan terasah dengan baik. “Sehingga para atlet kita siap nantinya,” ucap Edy.

Menurut Edy, untuk menjadi atlet, seseorang haruslah hidup dengan penuh kedisiplinan. Maka seorang atlet haruslah sehat. “Untuk dikatakan sehat, maka kalian harus tangguh, bangun pagi dan berolahraga, setelah sehat kalian nanti jadi atlet yang handal,” katanya.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut David Luther Lubis mengatakan lomba lari Sumut Atletik Juara tersebut merupakan bagian dari persiapan PON 2024 yang akan diselenggarakan di Aceh-Sumut. Lomba lari ini diikuti pelajar SD, SMP, SMA dan masyarakat umum.

“Untuk kategori pelajar SD menempuh jarak 1,5 kilometer, pelajar SMP jaraknya 5 kilometer, dan kategori SMA, mahasiswa dan umum menempuh jarak 10 kilometer,” kata David.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pangdam I/Bukit Barisan Achmad Daniel Chardin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution dan Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit. (ril/mds)