Indra Efendi Rangkuti: Jangan Lupakan Sejarah!!!

Gedung Buram Sekretariat PSMS Medan Jalan Veteran

(Kiri): Gedung PSMS Medan do Jalan Veteran yang didirian pada 25 Februari 1955. (Kanan): Prasasti nama-nama pemain eks PSMS Medan yang turut memberikan sumbangan pembangunan Sekretariat PSMS Medan di Jalan Veteran.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Bangunan itu sudah rapuh. Wajahnya sudah musam. Bahkan kulitnya pun terkelupas sehingga tak lagi berbentuk. Padahal di gedung itu tersimpan sejarah berdirinya PSMS Medan. Ya, gedung yang terletak di Jalan Veteran Medan tersebut adalah Sekretariat PSMS Medan pertama sekali sebelum dipindah ke Stadion Kebun Bunga.

Gedung itu dibangun pada 25 Februari 1955. Peletakan batu pertama oleh H Muda Siregar yang saat itu menjabat Walikota Medan. "Makanya kita sangat menyayangkan, mengapa gedung bersejarah ini dibiarkan begitu saja. Lihat saja sendiri, tak lagi berbentuk. Catnya sudah terkelupas," ujar Pemerhati Olahraga Sumut, Indra Efendi Rangkuti seperti dilansirnya lewat pesan WhatsApp kepada kru MEDANSPORT.ID, kemarin.

Sekalangan pecinta olahraga terutama sepakbola, kata Indra Efendi Rangkuti, mungkin tahu akan kehebatan PSMS Medan. Menariknya lagi, urainya, pembangunan gedung Sekretariat PSMS Medan di Jalan Veteran ini melalui dana swadaya pemain PSMS Medan masa itu.

Walikota Medan H.Moeda Siregar melakukan peletakan batu pertama Gedung PSMS pada 25 Februari 1955.

"Jadi pembangunan gedung ini diperoleh keuntungan penjualan tiket pertandingan. Saat itu PSMS Medan melawan klub Asia dan Eropa serta sumbangan 23 pemain yang dikoordinir oleh Kapten PSMS Medan waktu itu Ramlan Yatim," terangnya mengulas.

Sebagai penghargaan nama 23 pemain itu diabadikan di prasasti yang terpasang di Gedung PSMS Medan tersebut. Selain itu masyarakat Medan juga turut memberikan sumbangan, baik berupa uang mau pun bahan material bangunan.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga