Kata Mantan Pemain PSMS Medan di Leg 2 Semifinal Piala AFF

Bambang Usmanto: Imbang di Atas Skor 0-0 Timnas Lolos 

Bambang Usmanto (Mantan Pemain PSMS Medan).

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pertandingan partai semifinal leg ke 2 Piala AFF 2022 ini berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi Vietnam, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB. "Kalau Indonesia ingin lolos ke babak final, minimal harus bisa meraih hasil imbang di atas score 0-0 karena nanti akan ditentukan oleh produktivitas dalam mencetak gol di kandang lawan (agresivitas tandang)," ungkap mantan pemain PSMS Medan, Bambang Usmanto, Senin (9/1/2023).

Dia melihat bahwa dari pertemuan di leg pertama kemarin, Leg.1 kemarin sebenarnya Indonesia bisa memenangkan pertandingan, namun sayang sekali banyak peluang yg didapat tapi tidak menghasilkan gol. Walau pun secara penguasaan bola Vietnam masih lebih unggul atas Indonesia dengan perbandingan 59%:41%, namun peluang lebih banyak diperoleh oleh Timnas Indonesia.

"Dalam pertandingan kemarin saya lihat coach STY sudah tepat dalam menerapkan strateginya dengan memperketat barisan tengah dan bawah Timnas, dan pada saat kita diserang pemain depan kita juga ikut turun ke bawah untuk membantu pertahanan," urainya.

Koordinasi antar pemain di sektor pertahanan cukup baik dan solid dan pemain yang ditempatkan di sektor gelandang (lapangan tengah) seperti, Rahmat Irianto, Marcelino, Marc Klok serta Yakob Sayuri yg kadang2 ikut masuk membantu ke tengah juga cukup rajin dan disiplin untuk mengawal serta tidak memberi keleluasaan atau kebebasan kepada pemain-pemain Vietnam untuk mengembangkan permainannya.

"Di sektor depan (penyerang) STY hanya memainkan seorang pemain yang punya naluri sebagai penyerang yaitu Dendy Sulistyawan yang bermain baik pada pertandingan kemarin," ungkap eks Kapten PSMS ini lagi.

Dilihat dari komposisi pemain Timnas yang diturunkan oleh coach STY di Leg 1 kemarin, sepertinya lebih didominasi dan diisi oleh pemain-pemain yang selama ini ditempat pada gelandang, baik sebagai gelandang bertahan maupun sebagai gelandang serang.

Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Witan Sulaiman dan Spaso tidak dimainkan sejak awal. Witan Sulaiman dan Saddil Ramdani hanya dimainkan di 5 menit menjelang pertandingan usai dan tidak bisa berbuat banyak.

Mengenai kekuatan tim Vietnam, Bambang Usmanto melihat cukup bagus. Mereka baik dan merata di semua lini dan juga cukup disiplin mengawal daerahnya masing2. Kematangan timnya juga terlihat dari penguasaan bolanya yg lebih unggul.

"Mereka juga bermain cukup tenang dan bisa mengendalikan diri/situasi dibawah tekanan supporter Indonesia di Stadion GBK," katanya lagi.

Selanjutnya 1 2