Kata Eks Pemain PSMS Medan di Final Piala Dunia 2022

AR Gurning: Prancis Menang Tipis Lawan Argentina

H.AR Gurning (Mantan Pemain PSMS Medan).

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Duel sengit akan tersaji di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB. Kedua tim yakni Argentina berhadapan dengan Prancis di laga final Piala Dunia 2022. Pertarungan bintang sepakbola dunia di kedua tim untuk merengkuh tropi paling bergengsi.

Namun siapakah yang akan membawa piala bertinggi 36,5 sentimeter (14,4 inci) dan berdiameter 13 sentimeter (5,1 inci) yang berlapis emas tersebut? Menanggapi hal itu, H Abdul Rahman Gurning bilang bahwa Prancis lebih berpeluang untuk menggondol tropi dua edisi berturut-turut.

"Permainan nanti berlangsung sangat ketat. Siapa pun yang menang, ya pasti dengan skor tipis. Dan di Piala Dunia edisi 2022 ini saya melihat bahwa Prancis lebih mumpuni," singkat mantan pemain PSMS Medan era 1980-an ini, Minggu (18/12/2022).

Pilihan AR Gurning membela si Ayam Jantan bukan tanpa alasan. Kata dia, anak asuh Didier Deschamp itu punya mental bagus. Ditambah lagi Prancis lebih dulu meraih tropi kebanggaan sejagad itu pada 2018 lalu di Rusia. "Sejak di Piala Dunia 2018 lalu di Rusia, permaianan Prancis begitu kompak. Cepat dalam menyerang,atraktif dari kaki ke kaki," ungkap AR Gurning yang juga pernah memperkuat Timnas di Asian Game Seoul tahun 1986 dan masuk empat besar itu.

Menariknya lagi, lanjut AR Gurning, sejak Antoine Griezmann diberi tanggung jawab sebagai gelandang dan motor serangan bersama Rabiot serta Tchouaneni, barisan lini tengah Prancis begitu solid. Artinya apa, urai AR Gurning yang kini berprofesi sebagai pelatih itu, umpan-umpan matang bisa diterima tiga penyerang Les Blues lainnya. Yakni di lini depan seperti Mbappe, Giruod dan Dembele.

"Pastinya saya melihat sejauh ini Grieznan memberi kenyamanan bagi penyerangnya. Apalagi Mbappe lebih leluasa, begitu juga Giroud dan Dembele. Itulah salah satu keunggulan yang tak dimiliki Argentina. Argentina masih sering kehilangan bola sehingga membuka peluang bagi lawan untuk menjobloskan gol-nya," sebut AR Gurning.

Soal Argentina, AR Gurning pun tak menampik tampil di Piala Dunia 2022 cukup bagus. Meski di awal-awal Messi dkk terpaksa menelan pil pahit setelah dipecundangi Arab Saudi. Namun setelah itu mereka bangkit dan bisa
menjejakkan kaki di laga final.

"Argentina juga cukup bagus, dimotori Messi, semua serangan dimulai darinya. Saya melihat pemain Prancis akan memperhatkan gerakannya, apalagi baik Mbappe dan Messi itu main di PSG, sehingga mereka sudah saling mengenal satu sama lainnya," ucap AR Gurning.

Untuk skor di laga final antara Argentina versus Prancis nanti, AR Gurning menyebut 2-1 (3-2). "Prancis menang dengan skor tipis, karena ini kan laga final sehingga keduanya bakal bermain hati-hati," imbuhnya.

Menghadapi Prancis di final Piala Dunia 2022 bakal menjadi ujian berat bagi Argentina. Pasalnya, Les Bleus merupakan tim yang mengalahkan Le Albiceleste di babak 16 besar Piala Dunia 2018 dengan skor 4-3. Dikutip dari The Guardian, kapten Timnas Argentina Lionel Messi, mengatakan timnya sangat ingin menjadi juara.

Namun, dia juga menyadari bahwa Prancis merupakan lawan yang kuat dan sulit dikalahkan. Oleh karenanya, untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2022 Argentina harus menunjukkan permainan terbaik di final. Messi berharap Le Albiceleste bisa memetik kemenangan dan tidak gagal seperti di Piala Dunia 2014.

Bagi Lionel Messi, final Piala Dunia 2022 bakal menjadi momen yang emosional. Pasalnya, pemain 35 tahun tersebut menyebut piala dunia tahun ini akan menjadi panggung terakhirnya di ajang tersebut. Di sisi lain Prancis yang menjadi lawannya di babak final Piala Dunia 2022, mengincar gelar juara beruntun. Bakal luar biasa bagi Les Bleus apabila mampu mengalahkan Argentina di final. (*)

Penulis: Ibay
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga