Ulasan Mantan Kapten PSMS Era 1990-an di Babak Perempat Final Piala Dunia 2022

Bambang Usmanto: Pasukan Prancis Lebih Berpeluang

Bambang Usmanto (Mantan Kapten Tim PSMS Medan Era 1990-an).

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Minggu (11/12/2022) pukul 02.00 WIB, Prancis akan berhadapan dengan Inggris di babak 8 besar. Dilihat dari peta kekuatan kedua tim sebenarnya hampir sama dan berimbang. Prancis dan Inggris sama-sama memakai pemain dengan komposisi senior dipadu dengan pemain muda yang hampir sama banyaknya.

Di Prancis, menurut ulasan mantan Kapten PSMS Medan era 1990-am Bambang Usmanto, itu ada ada Kylian Mbappe dan Dembele yang semakin bersinar. Sedangkan di kubu Three Lions (julukan Inggris-red) ada Raheem Sterling dan Bukayo Saka yang juga semakin melejit penampilannya di Arsenal.

Dalam kondisi kekuatan tim yang berimbang seperti ini, kata Bambang Usmanto, ada 3 faktor utama yang akan mempengaruhi kekuatan tim untuk memenangkan pertandingan dini hari nanti.

Pertama. katanya, siapa yang paling siap, atau tim mana yang paling siap. "Siap di sini dalam arti siap secara fisik dan mental bertanding. Untuk menghadapi event Piala Dunia yang cukup berat ini bukan hanya dibutuhkan kemampuan skill pemain saja tapi juga fisik dan mental bertanding yang kuat," urainya.

Kedua, tentang kemampuan pelatih (Coach) untuk menganalisa itu menerapkan taktik dan strategi di lapangan. "Siapa lawan yang akan dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya dengan kemampuan pemain yang dia miliki," katanya.

Ketiga, yakni faktor Lucky (keberuntungan). "Dalam sepak bola faktor lucky itu selalu ada. Kita masih ingat bagaimana pertandingan antara Spanyol vs Maroko.., 70% permainan dan peluang dimiliki oleh Spanyol, tapi hasil kemenangan dimiliki oleh Maroko. Begitu juga ketika Kroasia versus Belgia di babak penyisihan, Luca Modrik membawa luka kebahagiaan buat timnya, sementara Lukaku yang banyak sekali mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada waktu itu membawa luka kepedihan buat timnya Belgia yang segera harus angkat koper dari Qatar," ujar Bambang lagi.

Kembali ke pertandingan dinihari nanti, dia melihat tim Perancis kekuatannya lebih merata di setiap lini, lebih matang dan lebih solid. Di lapangan tengah ada Antoine Griezmann yang berperan sebagai pengatur serangan yang akan mengalirkan umpan2nya kedepan.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga