Ulasan Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut

Indra Efendi Rangkuti: Kroasia Melenggang ke 16 Besar

Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centref USU & Pemerhati Olahraga Sumut).

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Laga pamungkas dari Grup F antara Kroasia vs Belgia di Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Stadion Ar Rayyan, Qatar, Kamis (1/12/2022) pukul 22.00 WIB. Di grup ini, dua tiket 16 besar dari Grup F masih diperebutkan oleh tiga tim: Kroasia, Maroko, dan Belgia. Kanada lebih dulu dipastikan tersingkir usai menanggung hasil minor di dua laga terakhir.

Kroasia berada di peringkat pertama klasemen Grup F dengan empat poin, sedangkan Maroko di posisi kedua dengan empat poin. Sementara itu Belgia ketat menempel di peringkat tiga dengan raihan tiga poin.

"Kroasia hanya butuh hasil imbang dengan Belgia untuk lolos ke babak 16 besar. Di sisi lain, Belgia mutlak harus meraih kemenangan," ulas Staf Tax Centre USU dan Pemerhati Olahraga Sumut, Indra Efendi Rangkuti, Kamis (1/12/2022).

Kata dia, ada tekanan buat Belgia untuk meraih kemenangan demi mengamankan jalan. Hasil seri lawan Kroasia bisa saja membawa Belgia ke 16 besar, tapi itu juga masih bergantung pada hasil yang diraih Maroko lawan Kanada.

Sementara itu Kroasia sedikit lebih baik karena cuma butuh hasil imbang lawan Belgia untuk bisa meraih tiket lolos. Tapi karena belum aman sepenuhnya, Kroasia niscaya juga tidak akan main aman.

"Di atas kertas, Belgia sedikit lebih unggul dalam hal materi pemain secara individu. Di sisi lain, Kroasia memiliki keunggulan dalam hal kolektivitas atas lawannya," ungkapnya.

Aspek-aspek itu bakal membuat laga Kroasia vs Belgia bakal berjalan sengit.Kroasia sendiri menatap laga ini dengan suasana tim yang kondusif. Berbeda dengan Belgia yang dilanda konflik yang 'panas' di ruang ganti antara para pemain kuncinya spt Jan Vertonghen,Kevin De Bruyne dan Eden Hazard seusai kekalahan dari Maroko.

Bahkan sempat nyaris terjadi kontak fisik di antara ketiga pemain tersebut jika tidak dilerai oleh Romelu Lukaku. Jelas jika belum diatasi kondisi ini akan sangat berpengaruh terhadap kondusivitas Tim Belgia dalam laga 'hidup mati' ini.

"Dengan melihat fakta-fakta di atas ditambah kondisi Luka Modric cs yang sedang on fire usai kemenangan 4-1 melawan Kanada di pertandingan sebelumnya saya memprediksikan Kroasia akan menang melawan Belgia dan melangkah ke -16 Besar Grup F sebagai Juara Grup," pungkas Indra Efendi Rangkuti. (*)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga