Bonas Cup Bertabur Hadiah Rp3 Miliar

Event Sepakbola Daerah Serasa Kasta Nasional

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pecinta sepakbola khususnya di Sumatera Utara (Sumut) dapat langsung menyaksikan sajian akbar turnamen bergengsi antar klub. Meski bertajuk turnamen daerah mengambil nama Walikota Medan, tapi info diterima sejumlah klub liga 1 Indonesia bakal turut meramaikan.

Ya, ajang yang diharapkan sebagai prestasi bukan prestasi itu dikemas dengan Bonas Cup 2022. Hadiahnya tak tanggung-tanggung, nilai fantastis Rp3 miliar digelontorkan. Menariknya, event ini digelar di lima kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Yakni, Medan, Labuhanbatu, Padangsidimpuan, Serdang Bedagai dan Balige. Untuk di Medan, Ketua Panitia Bonas Cup 2022, Bakhtiar Ahmad Sibaran menjelaskan akan menggunakan Stadion USU.

Labuhanbatu di Stadion Binaraga, Padangsidimpuan Stadion HM Nurdin, Sergai di Stadion Fajar Agung Sergai dan Stadion Soposurung Balige.

“Keterpanggilan beliau (Bobby Nasution) serta kecintaan beliau terhadap olahraga sepakbola di Sumut melatarbelakangi digelarnya turnamen ini,” ujar Bakhtiar didampingi Sekretaris Ade Jona Prasetyo dan Bendahara Samuel Nababan pada temu pers Bonas Cup di Cambridge City Square, LG Floor, kemarin malam.

Dikatakan, sebagai putra daerah Sumut, Bobby Nasution ingin agar olahraga sepakbola dihidupkan kembali setelah sempat terhenti akibat pandemi selama dua tahun. Bonas Cup akan kick-off pada 3 Agustus 2022 di Stadion Binaraga Labuhanbatu.

“Selain membangkitkan semangat sepakbola, Bonas Cup juga menjadi momen menemukan bakat talenta muda di Sumatera Utara,” tutur Bakhtiar yang baru mengakhiri jabatannya sebagai Bupati Tapanuli Tengah itu.

Ade Jona Prasetyo menambahkan Bonas Cup tak hanya sebatas pesta sepakbola semata. “Namun juga menjadi ajang menggairahkan ekonomi warga terutama para pelaku usaha kecil yang memanfaatkan kehadiran penonton, di mana turnamen akan bertaraf nasional,” katanya.

“Tidak ada batasan umur, semua boleh bermain karena misinya menggeliatkan sepakbola di Sumut. Sehingga menarik minat banyak penonton dan ekonomi masyarakat secara otomatis akan terbantu,” ucap Ade Jona yang juga Ketua Umum HIPMI Sumut.

“Panitia juuga rencananya akan mengundang klub profesional seperti Persis Solo, Persib, Persija, Persiraja, dan sejumlah klub Liga 1 untuk meramaikan acara ini nantinya,” sebutnya.

Fadli Hariri selaku komisi pertandingan menjelaskan, nantinya peserta tidak diberi batasan. "Siapa saja bisa mendaftar dan setiap pertandingan akan dipimpin wasit Asprov PSSI Sumut,” kata Fadli yang juga mantan pemain profesional itu.

Mengenai pertandingan, Fadli menerangkan akan menggunakan format setengah kompetisi dan menyesuaikan jumlah peserta yang mendaftar.

“Di setiap kabupaten/kota akan kita buat grup dengan format setengah kompetisi. Babak 16 besar hingga final rencananya akan dilaksanakan di Stadion Teladan Medan,” ucapnya.

Untuk pendaftaran, panitia menyediakan website www.bonascup.com yang akan dibuka pada 3 Juli 2022. Untuk informasi lebih lanjut bisa juga mengakses media sosial Instagram @bonascup2022 dan Tiktok @bonascup. (mds)

Penulis:

Baca Juga