Dapat Dukungan Dispora Medan, FAJI Siap Gelar Kejurda

Walikota Medan, Bobby Nasution menyapa atlet arung jeram dan atlet kayak di Cadika Medan, Minggu (22/8). Atlet Berselebrasi Menunjukkan Kemampuannya.
Walikota Medan, Bobby Nasution menyapa atlet arung jeram dan atlet kayak di Cadika Medan, Minggu (22/8). Atlet Berselebrasi Menunjukkan Kemampuannya.

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Medan akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang direncanakan akan bergulir pada 4 sampai 5 Desember 2021 mendatang.

Di mana, Kejurda ini dilakukan untuk mempersiapkan atlet Arung Jeram Kota Medan untuk bisa mengikuti PON 2024 di mana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah.

Ketua FAJI Medan M Azim Bakhri Ginting mengatakan FAJI Medan menggelar kegiatan Festival Sungai Deli Medan Marelan di mana dalam kegiatan itu nantinya terdapat beberapa kegiatan lain seperti Kejurda Arung Jeram piala Wali Kota Medan, Pelatihan Water Rescue, Promosi Wisata Sungai Deli dan Bazar UMKM Jajanan Tradisional.

"Itu kita lakukan mengingat FAJI Medan memiliki 4 pilar yakni, prestasi, kemanusiaan, lingkungan dan wisata edukasi," katanya saat dijumpai di Dispora Medan usai melakukan audiensi dengan Kadispora Medan, Senin (15/11/2021).

Ia mengaku, Kejurda Arung Jeram Piala Wali Kota Medan ini nantinya akan diikuti oleh 20 klub binaan FAJI Medan di mana pihaknya menerapkan Sungai Deli sebagai tempat kejuaraan daerah tersebut.

"Ya, kita memilih lokasi di Bantaran Sungai Deli, Lingkungan 29, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Karena sungai tersebut cocok untuk bermain Arung jeram. Lagian, kita memang fokus untuk di daerah Medan Utara," terangnya seraya menyatakan untuk mengembangkan potensi atlet dan wisata di Medan Utara.

Masih dikatakan pria yang akrab disapa Bang Boy ini, adapun kategori untuk Kejurda Arung Jeram yakni putra dan putri dengan nomor pertandingan sprin dan slalom. "Jenis kelas R4 dan R6 di mana untuk R4 satu perahu ada empat orang dan R6 ada 6 orang untuk satu perahu," katanya.

Ia pun mengaku, tujuan Kejurda Arung Jeram Piala Wali Kota Medan ini sebagai pemanasan bagi atlet Arung Jeram Kota Medan menuju Kejuaraan Tingkat Provinsi dan juga sebagai persiapan PON 2024 di mana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON.

"Kita juga sudah melakukan audiensi dengan Pak Kadispora Medan Pulungan Harahap terkait rencana kegiatan kita yang akan dilaksanakan pada awal Desember 2021 mendatang," akunya.

Beliau, kata Bang Boy, menyambut baik kegiatan ini dan mendukung kegiatan ini karena sangat positif untuk membangkitkan semangat para atlet Arung Jeram Kota Medan.

Sementara itu, Kadispora Medan Pulungan Harahap mengaku menyambut baik kegiatan ini. "Benar, tadi FAJI Medan audiensi ke kita dan mereka mengaku akan membuat Kejurda Arung Jeram sebagai persiapan bagi atlet Arung Jeram Kota Medan untuk menghadapi berbagai kejuaraan," kata Pulungan.

Ia pun mendukung kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan Kejurda Arung Jeram ini, bisa menjadi ruang menjadi atlet arung jeram untuk mengasa kemampuan mereka dan menambah pengalaman serta jam terbang.

"Kita dukung kegiatan positif ini," pungkasnya. (*)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga