KPOTI Sumatera Utara

Pelantikan KPOTI Sumut Momentum Jaga Ketahanan Budaya Lewat Permainan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara yang di Wakili Kadisbudpar sumut Zumri Sulthony S.Sos M.Si dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat agar tidak meninggalkan permainan rakyat dan olahraga tradisional.

"Sebagai aset dan kekayaan bangsa, permainan rakyat dan olahraga tradisional ini perlu kita jaga dan terus dilestarikan, jangan sampai hilang ditelan masa, saat ini permainan rakyat dan tradisional bersaing dengan permainan yang lebih modern, oleh karenanya yang harus dilakukan adalah sinergi dan berkolaborasi dalam mengembangkan dan mengkemasnya menjadi permainan yang menarik sehingga berdampak kepada tumbuhnya minat masyarakat untuk mencintai kembali permainan tradisional yang merupakan kekayaan bangsa kita.

"Insyaallah kami atas nama pemerintah provinsi Sumatera Utara mendukung penuh langkah-langkah strategis Kpoti Sumut dalam melestarikannya kembali dan kedepan kita akan masukkan ini kedalam program kerja dinas kami sehingga Kpoti dapat terfasilitasi untuk terus bergerak dalam menjaga ketahanan budaya melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia. Tegasnya.

Setelah pelantikan, KPOTI Sumut langsung menggelar pelatihan pembentukan Pangkotrad di Kabupaten Deli Serdang.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari diisi sejumlah materi. Di antaranya pembentukan Pangkotrad hingga workshop jurnalistik kebudayaan.

Pelatihan pembentukan Pangkotrad sudah dilaksanakan di 4 zona yakni Langkat, Labusel, Toba dan Sidimpuan. Program ini merupakan kerjasama antara KPOTI Sumut dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga