LIVE BEIN TV SABTU MALAM PUKUL 22.15 WIB

Celta Vigo VS Barcelona: Masih Tanpa Xavi….

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pasca dipecatnya pelatih Barcelona, Ronald Koeman sepekan lalu, kini sang legenda Blaugrana, Xavi Hernandez telah resmi menjajakkan kaki di klub yang membesarkannya itu.

Klub yang dilatih Xavi saat ini, Al-Sadd, mengumumkan bahwa mereka telah mengizinkan sang pelatih untuk kembali ke Barcelona. Xavi adalah salah satu pemain paling berprestasi sepanjang sejarah Barcelona. Ia memenangkan 25 trofi di Catalunya antara 1997 hingga 2015, termasuk delapan gelar La Liga dan empat Liga Champions Eropa.

Ia mengemas 767 penampilan di Barca, sebuah catatan yang hanya kalah dari Lionel Messi, serta berkontribusi dengan 85 gol dan 185 assist. Hanya saja pada laga pekan ke 13 ini, Xavi belum bisa mendampingi timnya saat melawat ke Celta Vigo.

Pertandingan ini sendiri akan digelar Sabtu (6/11/2021) di stadion Balaidos, pukul 22.15 WIB. Barcelona tentu ingin segera menyudahi tren buruk mereka, yang tak pernah menang dalam 3 pertandingan terakhir di LaLiga. Teranyar, pekan lalu Blaugrana ditahan imbang Deportivo Alaves dengan skor 1-1 meski tampil di Camp Nou.

Rangkain hasil minor tersebut membuat El Barca kini tertahan di posisi 9 klasemen Liga Spanyol, dengan koleksi 16 poin dari 11 laga yang sudah dimainkan. Dalam kurun tersebut Barcelona mengemas 4 kemenangan, 4 imbang, dan 3 kali kalah. Situasi tak berbeda jauh juga tengah menerpa kubu Celta Vigo. Iago Aspas dan kolega hanya sanggup membukukan 1 kemenangan dalam 5 pertandingan terakhir. Sisanya, mereka kalah 3 kali dan 1 seri.

Barcelona diprediksi bakal berupaya semaksimal mungkin untuk menguasai jalannya pertandingan. Meski banyak mengalami perubahan anggota skuad, Barca akan berusaha tampil dengan pola permainan khas mereka, yakni operan pendek. Sejauh ini dari 11 pertandingan LaLiga yang sudah dimainkan, Blaugrana sanggup membukukan rata-rata penguasaan bola hingga 68 persen.

Tak mengherankan jika kemudian mayoritas gol mereka berasal dari skema permainan terbuka. Salah satu penggawa kunci Barcelona yang diprediksi bisa mencuri perhatian dalam duel kali ini adalah Ansu Fati. Meski baru saja pulih dari cedera pekan lalu, penyerang berusia 19 tahun itu ternyata langsung bisa unjuk gigi.

Saat bersua Dynamo Kiev di ajang Liga Champion (UCL) tengah pekan ini, Ansu Fati menjadi pahlawan kemenangan Barca lewat sumbangan gol tunggalnya. Striker muda Barcelona bakal diadu oleh ujung tombak senior milik tuan rumah Celta Vigo, Iago Aspas. Saat ini penyerang berusia 34 tahun itu menjadi salah satu yang paling produktif di timnya, lewat sumbangan 3 gol dan 1 assist.

Permainan Celta Vigo tampaknya memang terlalu bertumpu kepada Aspas. Atau jika tidak, anak asuh Eduardo Coudet bakal mengalihkan perhatian kepada Santi Mina, yang sejauh ini sudah melahirkan 4 gol. Melihat sisi statistik, permainan Celta Vigo cenderung kurang klinis dari sisi serangan. Mereka tergolong intens dalam melepaskan tembakan, namun hanya menuai hasil minim.

Dari total 11,2 tembakan per laga, mereka hanya mendapat rasio gol 0,8 saja. "Kami tidak efektif, dan itu membunuh kami. Terkadang usaha Anda tidak bagus dan itu masuk, tapi di lain waktu Anda berusaha dengan sangat baik namun tidak masuk," ujar Iago Aspas mengomentari performa dirinya dan rekan setim. "Baik saya maupun tim tidak efektif, itulah mengapa kami berada di tengah klasemen, tetapi pada hari Sabtu kami memiliki permainan yang bagus untuk mulai membalikkan situasi," tambahnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga