KPOTI Sumatera Utara

Kokohkan Ketahanan Bangsa Lewat Budaya, KPOTI Se-Sumatera Utara Akan Dilantik Serentak di Deliserdang

"Sehingga dapat terbentuknya karakter dan psikologi mereka yang sehat kuat dan tangguh," kata Sri Ulina.

Sementara itu Dewan Pakar KPOTI Sumut Jafaruddin Harahap menilai kehadiran Pangkotrad bisa menjadi wadah agar permainan tradisional dapat terus didali dan dilestarikan.

"Banyak diminati kalangan muda maupun dewasa. Kita buat event sampai tingkat provinsi," kata Jafaruddin.

Ketua IKA Unimed itu yakin, Pangkotrad juga bisa menambah khazanah wisata yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, bisnis, UMKM dan memiliki daya tarik yang tinggi baik nasional maupun internasional.

"Saya berharap kepada kita semuanya terkhusus kepada seluruh pengurus Sumut dan Kabupaten Kota, untuk turus memelihara semangat kita. Karena pada hakikatnya tujuan kita ini sangatlah mulia dan bernilai ibadah bagi siapa saja yang merasakan kebahagiaan dalam memainkan olahraga tradisional," kata Jafaruddin.

Pelantikan KPOTI Sumut dan KPOTI Kabupaten/Kota se-Sumut akan digelar pada 11 November 2021 di Balairung Kabupaten Deliserdang. Sejumlah tokoh dan pejabat Kementerian dijadwalkan hadir.

Di antaranya Ketua Umum KPOTI Pusat Dr M Zaini Alief, Dirjen Kebudayaan Kemendikburistek, BPIP serta Pemprov Sumut dan Pemkab Deliserdang.

Selain pelantikan, KPOTI Sumut juga mengisi sejumlah kegiatan selama 3 hari. Di antaranya pembentukan Pangkotrad di Deliserdang, pelatihan juri dan wasit serta pelatihan jurnalistik kebudayaan.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:
Editor: Joko Herianto

Baca Juga