LIVE SCTV RABU MALAM PUKUL 23.45 WIB

Barcelona VS Dinamo Kiev: Bentrok 2 Tim Korban Bayern

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Barcelona menjamu Dynamo Kiev di matchday 3 Grup E Liga Champions League di Camp Nou, Rabu (20/10/2021) pukul 23.45 WIB. Pada matchday 1, Barcelona dihajar sang tamu Bayern Munchen 0-3. Pada matchday 2, Barcelona kalah di markas Benfica, juga dengan skor 0-3. Dua pertandingan, tanpa gol, tanpa kemenangan, dan sudah kebobolan enam; Barcelona racikan Ronald Koeman benar-benar mencemaskan.

Dynamo Kiev pun nyaris sama mengenaskannya. Wakil Ukraina itu juga belum mencetak satu golpun, tapi kebobolan 'cuma' lima, yakni saat dipermak Bayern 0-5 di Allianz Arena pada matchday kedua. Sebelumnya, mereka bermain imbang 0-0 dengan Benfica.

Barcelona, dengan reputasi dan nama besarnya, tentu tak ingin kembali kalah. Bagi mereka, Dynamo wajib dikalahkan jika ingin menghidupkan peluang untuk bersaing dengan Bayern dan Benfica.

Barcelona mungkin cukup percaya diri bisa melakukannya. Sebab, mereka baru saja mengalahkan Valencia 3-1 di La Liga. Meski sempat kebobolan gol cepat, Ansu Fati, Memphis Depay, dan Philippe Coutinho akhirnya memastikan Barcelona berbalik menang.

Momentum sudah mulai terbangun. Barcelona perlu memanfaatkan itu untuk coba menekuk Dynamo di Camp Nou. Bek Barcelona Eric Garcia diskors untuk pertandingan akibat kartu yang diterimanya ketika tim kalah dari Benfica. Posisinya digantikan Clement Lenglet, yang akan berduet dengan Gerard Pique.

Pertahanan Barcelona diperparah dengan cederanya Ronald Araujo, sementara Pedri juga masih harus absen. Namun, ada harapan kalau Ousmane Dembele mungkin bisa tampil dalam beberapa kapasitas pada pekan ini.

Sergio Aguero, yang mendapat menit pertamanya di pertandingan lawan Valencia, kemungkinan belum bisa tampil sebagai starter. Dynamo juga dihadapkan pada persoalan cedera sejumlah pemain. Artem Besedin, Vladyslav Kulach, dan Ibrahim Kargbo semuanya masih berada di ruang perawatan, sementara bek Denys Popov menjalani pemulihan dari operasi ligamen.

Ilya Shkurin juga tidak masuk skuad ketika Dynamo menghadapi Lviv pada akhir pekan lalu, namun Denys Garmash akan memimpin lini depan setelah mencetak dua gol dari bangku cadangan terakhir kali. Pemain berusia 19 tahun, Ilya Zabarnyi, akan kembali ke starting XI bersama Sergiy Sydorchuk dan Mykola Shaparenko.

Ronald Koeman berada dalam tekanan berat setelah Barcelona mengawali kompetisi Liga Champions musim 2021/22 dengan buruk. Tim asal Catalan itu terancam tersingkir di fase grup setelah kalah 3-0 berturut-turut dari Bayern Munich dan Benfica di dua pertandingan awal.

Dalam dua pertandingan itu, Barcelona bahkan gagal melakukan satu tembakan tepat sasaran. Performa tim menjadi pertanyaan penting, bukan hanya soal hasil. Untuk menjaga peluang lolos ke fase berikutnya, Barcelona harus menang di dua pertandingan berikutnya lawan juara Ukraina, Dynamo Kiev.

Koeman memiliki situasi yang lebih baik saat ini, dengan pulihnya Ansu Fati dari cedera dan striker muda ini tampil mengesankan dalam kemenangan 3-1 atas Valencia. Ia bahkan mencetak gol mirip Lionel Messi. Di pertandingan ini, Philippe Coutinho juga tampil bagus dan mencetak gol, sedangkan Sergio Aguero menjalani debutnya dari bangku cadangan.

Performa Barcelona juga membaik di kompetisi La Liga Spanyol, dengan mencetak tiga gol dia dua kemenangan kandang terakhir, yakni lawan Levante dan Los Che. Kedua sudah empat kali bertemu, dengan Barcelona memenangkan semua pertandingan lawan Dynamo, dengan masing-masing dua laga kandang dan tandang.

Dalam empat pertandingan di berbagai ajang kompetisi lawan Dynamo, Barcelona mencetak sedikitnya dua gol. Namun, Barcelona harus mengubah keberuntungan mereka di kompetisi Eropa belakangan ini karena mereka gagal menang dalam lima pertandingan terakhir di Liga Champions.

Catatan MEDANSPORT.ID

Barcelona selalu menang dalam 4 pertemuan terakhir dengan Dynamo. Di fase grup musim lalu, Barcelona menang 2-1 (kandang) dan 4-0. Barcelona cuma menang 2 kali dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Barcelona cuma menang 4 kali dalam 10 laga yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini. Barcelona kalah 4 kali dan tanpa kemenangan dalam 5 laga terakhirnya di Liga Champions. Dynamo cuma menang 2 kali dalam 13 laga tandang terakhirnya di kompetisi Eropa.

Pada pertandingan kali ini, Ronald Koeman dipastikan tak mau lagi kehilang point. Apalagi bermain di depan pendukungnya sendiri. Untuk itu pengamat masih menjagokan Barcelona bisa memperoleh angka penuh dengan persentase kemenangan 65 persen. Sedangkan Dynamo Kiev hanya 20 persen dengan angka imbang sekitar 15 persen.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): ter Stegen; Alba, Pique, Lenglet, Roberto; Gavi, Busquets, Frenkie de Jong; Fati, Depay, Dest. (Pelatih: Ronald Koeman).

Dynamo Kiev (4-2-3-1): Boyko; Mykolenko, Shabanov, Zabarnyi, Tymchyk; Shaparenko, Sydorchuk; Pena, Buyalskiy, Tsygankov; Garmas. (Pelatih: Mircea Lucescu).

HEAD TO HEAD:
Pertemuan: 12
Barcelona menang: 8
Gol Barcelona: 24
Imbang: 1
Dynamo Kiev menang: 3
Gol Dynamo Kiev: 16.

5 PERTEMUAN TERAKHIR:
25-11-2020 Dynamo 0-4 Barcelona (UCL)
05-11-2020 Barcelona 2-1 Dynamo (UCL)
10-12-2009 Dynamo 1-2 Barcelona (UCL)
30-09-2009 Barcelona 2-0 Dynamo (UCL)
05-11-1997 Barcelona 0-4 Dynamo (UCL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR BARCELONA:
24-09-21 Cadiz 0-0 Barcelona (La Liga)
26-09-21 Barcelona 3-0 Levante (La Liga)
30-09-21 Benfica 3-0 Barcelona (UCL)
03-10-21 Atletico 2-0 Barcelona (La Liga)
18-10-21 Barcelona 3-1 Valencia (La Liga).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR DYNAMO KIEV:
23-09-21 Shakhtar 3-0 Dynamo (Piala Super Ukraina)
25-09-21 R Lviv 0-2 Dynamo (Liga)
30-09-21 Bayern 5-0 Dynamo (UCL)
03-10-21 Dynamo 0-0 Shakhtar (Liga)
16-10-21 F Lviv 1-4 Dynamo (Liga).

STATISTIK:
BARCELONA Menang: 65%
Imbang: 15%
DYNAMO KIEV Menang: 20%
SKOR: 2 - 0 (0 : 1 3/4)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga