Formasi 4-4-2 Tetap Dipertahankan PS Wartawan Sergai Untuk Melumat Lawan

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Berusaha menguasai lapangan. Menguatkan penguasaan lapangan tengah serta memperkokoh pertahanan. Serangan dilancarkan lewat kedua gelandang sayap. Dua penyerang ditempatkan di posisi lini depan. Pun sesekali gelandang tengah berperan sebagai eksekutor.

Gambaran formasi 4-4-2 itu hingga kini tetap dipertahankan Persatuan Sepakbola Wartawan (PSW) Sergai. Begitu juga dengan laga ke 91 yang akan digelar pekan depan. Kepada MEDANSPORT.ID, manager tim PS Wartawan Sergai, Darmawan menyebutkan, skema 4-4-2 tersebut telah lama dipakai skuatnya. Apalagi, menurut pria yang akrap disapa Mawan ini, bahwa formasi 4-4-2 sangat layak digunakan para pelatih di Indonesia. Ya, termasuk Timnas PSSI.

Dengan menempatkan empat bek, empat gelandang dan dua penyerang, diharapakan bisa menembus jala lawan. "Dari 90 pertandingan PS Wartawan Sergai, formasi 4-4-2 itu dianggap begitu efektif. Sejauh ini kita tetap memanfaatkan kedua gelandang sayap untuk memberi umpan kepada kedua penyerang kita," terang Mawan, Minggu (10/10/2021).

Dia mengakui ada beberapa sisi kelamahan timnya. Hanya saja, berkat kerjasama tim yang solid, kekurangan itu mampu ditutupi. Sebab, lanjutnya, skuat PS Wartawan Sergai bukanlah pemain memiliki skill mumpuni. "Tapi, ya itu tadi, di segala lini PS Wartawan Sergai kompak, sehingga bisa menghempang serangan lawan. Fokus kita memang di lini tengah dan penguatan barisan bawah. Karena kedua hal itu merupakan sangat penentu," ujar Mawan.

Tanpa sungkan, Mawan mengatakan dua penyerang yang hingga kini tetap aktif dalam klub PS Wartawan Sergai, yakni Bupati Sergai H. Darma Wijaya juga Wabup Sergai H. Adlin Tambunan. Nah, kadang penyerang ada kalanya diganti dengan pemain cadangan Aspul Lubis yang tak lain adalah Ketua KONI Kabupaten Sergai.

"Dari puluhan pertandingan yang telah kami lakoni, kedua penyerang ditambah pemain penyerang cadangan, sangat-sangat ampuh melihat peluang. Mereka (penyerang PS Wartawan Sergai) jeli dalam mengambil posisi umpan tim dari gelandang, sehingga poin kemenangan bisa diperoleh," ungkapnya.

Malah, katanya, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan memiliki spesialisasi tendangan jarak jauh. Tak jarang tendangan 'dahsyat' Wabup Adlin Tambunan membuat penjaga gawang lawan harus jatuh bangun. Sampai-sampai tendangan itu membuahkan gol bagi tim PS Wartawan Sergai.

"Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, silaturrahmi, PS Wartawan Sergai melakukan pertandingan persahataban dengan sejumlah tim sepakbola antar kecamatan di sini, juga sebagai ajang saling mengenal dan kenal. Artinya, bahwa olahraga itu merupakan pemersatu, dan yang paling terlihat sebagai pemersatu itu tak lain yakni pertandingan sepakbola ini," sebutnya.

Sang manager PS Wartawan Sergai ini berharap ke depan jalinan keakraban sesama tim sepakbola yang ada Sergai. Pun demikian, pertandingan eksebisi yang digelar bisa menumbuhkembangkan dan mencari bakat para pemain muda profesional dari tanah Negeri Bertuah. Nantikan juga ulasan dan prediksi MEDANSPORT.ID antara PS Wartawan Sergai versus tim Sei Rampah sebelum pertandingan yang akan digelar pekan depan.

Penulis: Darmawan
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga