*PON XX Papua

Dwi, Karate Do Sumut Target Masuk Final di PON XX Papua

Dwi, Karate Do Sumut
Dwi, Karate Do Sumut

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Lebih baik banyak bekerja ketimbang berbicara. Ya, begitulah sosok Dwi Fadhillah cewek 22 tahun yang menggeluti cabang olahraga karate.

Ketika bertemu dengan kru MEDANSPORT.ID, Dwi (sapaan-red), cuma sepenggal-penggal saja mengeluarkan suara. Namun, jangan ditanya kalau di dalam ring. Penyuka mie ini lebih banyak gerak (bekerja), untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Dwi sekarang tercatat sebagai duta Sumut untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 Papua. "Tanggal 7 Oktober ini rencananya berangkat bersama yang lainnya, bang," singkatnya ketika ditemui, kemarin.

Menarik tentang kecintaan Dwi terhadap olahraga karate, kru MEDANSPORT.ID, coba mengoreknya. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) ini pun tampak sedikit malu. Hanya saja, dirinya tak sungkan mengisahkan.

"Awalnya, sih, ya karena saat itu ada buka Ranting Dojo dekat rumahku. Namanya Sena Sport Club (SSC)," ujar Dwi yang bermukim di Jalan Cemara Gang Sena No 14, Medan.

Selain lokasi latihan dekat rumah, Dwi juga merasa bahwa karate bukan cuma olahraga kaum pria. Untuk itu gadis manis rambut sehabu tersebut ingin membuktikan kepada kaum hawa lainnya.

"Memang, olahraga (karate) ini kebanyakan kaum pria. Tapi aku ingin membuktikan bahwa kaum hawa pun mampu bersaing! Dan itu lah salah satunya kenapa aku gemar berlatih di cabang Karate," imbuhnya.

Bahkan, menurut Dwi ikut dalam cabang olahraga karate, pun awalnya bukan mau anggar jago (seperti istilah orang Medan-red). Dan, lama kelamaan sejak SD Kelas 5 itu, Dwi kini sedikit banyak telah menasbihkan dirinya di kancah nasional.

Nah, masih lanjut anak 2 dari 4 bersaudara ini, sebagai menunjang cintanya terhadap olahraga karate tersebut, dia menambah latihan di Club Squad Academy (ESA). Tepat di kelas 3 SMP, Dwi memutuskan untuk menjadi atlet dengan mengikuti beberapa pertandingan guna meningkatkan kepercayaan dirinya.

Sejumlah pertandingan yang turut diikuti, di antaranya Piala Mendagri 2017 (Juara I) U21-50 Kg Putri, Lampung, South East Asian Karate Championshop SEAKF (Juara I) U21 - 50 Kg Putri, Semarang pada Kejuaraan Nasional Piala Panglima Juara II U21 -50 Kg Putri.

Kemudian, pada 2017 Jakarta, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Juara III -50 Kg Putri, 2017 Makassar, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Juara I beregu. Masih di tahun yang sama di Makassar, South East Asian Karate Championshop SEAKF Juara II - 50 Kg Putri. Vietnam, Youth EastAsian Championship Juara I -50 Kg Putri, 2018 Yogyakarta, Kejuaraan Nasional Inkanas Juara I - 50 Kg Putri, Padang, Rimbawan Open Sleksi Nasional Juara III - 50 Kg Putri.

Lalu, pada 2019 Jakarta, Kejuaraan Nasional Piala Panglima Juara I -50 Kg Putri, Jakarta, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Juara I -50 Kg Putri, 2019 Jakarta, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Juara I beregu, 2019 Jakarta, dan Pra Kualifikasi Pon Juara III -50kg pi, 2019 Jakarta.

Baca Juga : Daniel Anak Sambu Petinju Andalan Sumut

"Dari semua pertandingan yang aku ikuti, yang paling berkesan itu ya di pra kualifikasi Pon 2019. Ya, karena kalau aku kalah, di situ aku gak bisa ikut PON tahun ini," urai buah pasangan H. Sujendi SE dan Sri Sulastri tersebut.

Sejauh ini, mahasiswi USU Fakultas Fisip ini akan turun di kelas 50 Kg Putri untuk PON ke 20 Papua. Dara kelahiran Medan, 17 Maret 1999 ini pun sekarang masuk Pelatda dan dilatih Delfinus Rumahorbo serta Erwin Kamarullah. Fokus latihan fisik dan teknik pertandingan dengan sesi latihan seminggu dua kali latihan.

"Aku berharap tetap diberikan kesehatan terus kelancaran dan kemudahan dalam pertandingan. Dan targetku masuk ke final. Mohon doa restu dari warga Sumatera Utara," harapanya bermohon.

BIODATA:
Nama Lengkap: Dwi Fadhilah
Panggilan: Dwi
Alamat IG: dwifadhilah
Atlet Cabor: Karate
Asal Atlit : Medan
TTL : Medan, 17 Maret 1999
Ayah: H. Sujendi SE
Ibu: Sri Sulastri
Pekerjaan: Mahasiswa
Alamat: Jalan Cemara Gang Sena No.14
Usia: 22 tahun
Status:
Anak ke 2 dari 4 bersaudara
Agama: Islam
Hobby: Berenang
Warna kesukaan: Putih
Makanan Kesukaan : Mie

Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga