*KPOTI Sumatera Utara

KPOTI Sumut Gencar Sosialisasikan Permainan Tradisional

MEDANSPORT.ID – MEDAN - Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumatera Utara akan terus gencar mensosialisasikan permainan tradisional di masyarakat.

Salah satu cara yang dilakukan Pengprov KPOTI dengan melakukan kegiatan outdoor yang melibatkan komunitas, stakeholder dan masyarakat.

Ketua KPOTI Sumut, Agustin Sastrawan Harahap, SPd,M.Pd kepada medansport.id, kemarin mengungkapkan, permainan tradisional harus gencar disosialisasian ke masyarakat. Apalagi, saat ini permainan itu sudah mulai ditinggalkan.



“Padahal ya, bahan yang dipakai untuk permainan tradisional ini sederhana dan sudah tersedia melimpah di alam. Tinggal dibuat saja,” jelasnya.

Selain mudah dan murah, permainan tradisional memiliki nilai-nilai positif. Seperti kerjasama, dan sportifitas serta gerak tubuh.

“Permainan tradisional ini memiliki nilai tinggi dan tentunya disenangi masyarakat. Karena rata-rata permainan tradisional itu bisa dilakukan berkelompok. Dari situ kita bisa menanamkan nilai-nilai, kerjasama, sportifitas, keberanian, kesabaran dan tentunya kesehatan. Karena permainan ini mengharuskan adanya gerak tubuh. Misalnya terompah dan patok lele,” urainya.



Dosen Unimed ini juga menjelaskan, berdasarkan data KPOTI, sedikitnya ada 2.600 varian permainan tradisional di Indonesia. Agar sosialisasi ini tepat sasaran, setiap kegiatan, KPOTI selalu mengajak anak anak muda. (*)

Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga