PSMS Medan Berduka, Mantan Legenda Ismail Ruslan Tutup Usia

Legenda PSMS Medan pada 1973 Medan dari kiri ke kanan : Ismail Ruslan,Sunarto,Nobon,Pariman,Tumsila dan Zulkarnaen Pasaribu. (dok keluarga alm Zulkarnaen Pasaribu)

MEDANSPORT.ID-MEDAN-- Kabar duka menyelimuti ranah sepakbola. Kali ini hadir dari keluarga besar PSMS Medan.

Sang legenda yang pernah membawa nama harum PSMS Medan dan PSSI, Ismail Ruslan Tutup usia. Kabar ini didapat setelah beredar di sejumlah grup awak media Kamis (5/8/2021) malam.

Hadirnya kabar duka ini pun memantik rasa bela sungkawa dari manajemen PSMS Medan. Melalui Sekum Julius Raja, dirinya mengaku kehilangan akan sosok yang pernah berjasa itu.

"Saudara Ismail ruslan ini banyak berjasa buat PSMS. Pernah memperkuat PSMS medan sejak 1969 sampai dEngan 1980. Banyak prestasi beliau. Dan juga dibesarkan di Pardedetex. Beliau juga mantan pemain PS Tirtanadi," kenang pria yang akrab disapa King itu kepada awak media.

"Kami sangat kehilangan dan beliau begitu mencintai PSMS Medan. Apalagi Beliau termasuk dalam jajaran penasehat teknis PSMS Medan bersama dengan Tumsila dan Nobon," sambung King.

Berdasarkan informasi yang diterima dari pemerhati sepakbola, Indra Efendi Rangkui, almarhum diketahui pernah berjasa menghantarkan PSMS Medan menjadi kampiun di perhelatan Marah Halim Cup pada 1972 dan 1973 silam. Beliau juga pernah membawa PSMS Juara Yusuf Cup 1974. Membawa PSSI Wilayah I (PSMS Plus) Juara Kejurnas Antar Wilayah 1974 dan Runner Up Presiden Cup 1974 di Seoul.

Sebagai pelatih, almarhum pernah membawa PSMS Juara Piala Walikota Padang 1987 dan Azwar Anas Cup 1987 serta membawa PSMS Runner Up Divisi Utama Perserikatan PSSI 1991/1992.

Ismail Ruslan menghembuskan nafas terakhirnya akibat riwayat penyakit komplikasi seperti ginjal dan diabetes yang dideritanya. Almarhum rencananya akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Jalan Laksana Gang Gani Medan. (*)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga