*PON Papua 2020

Imam, Kapten Tim PON Sumut Berharap Bisa Berikan Yang Terbaik Di Papua

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Tim Voli Sumut sejatinya terus mempersiapkan diri menatap PON Papua 2020 yang akan berlangsung September mendatang.

Tentu tak ingin menjadi tim peramai, ada misi yang ingin dibawa demi membawa harum nama Sumut di kancah nasional tentunya. Apakah harapan yang akan dibawa nantinya? berikut pengakuan kapten voli Sumut, Imam Ramadhan Ritonga saat berbincang dengan Medansport.id, beberapa waktu lalu.

"Persiapan telah dilakukan untuk pertandingan PON Papua. Kami lagi melakukan Pelatda yang dilatih oleh Suhartono dan Asisten Syahrizal. Tentu ini bukan pekerjaan mudah apalagi banyak pesaing yang juga berjuang meraih medali. Ada Jawa Timur sebagai juara di PON 2016. Tapi tetap optimis aja, karena bola itu bulat kami bisa," yakinnya.

Harapan dari buah hati Alm. H. M. Suhaimi Ritonga dan Hj. Safridah Munthe pun sederhana, jangan puas diri dan bisa mengharumkan Sumut pastinya.



"Mengingat pesan Ibu sih berharap dengan masuknya ke Tim PON ini juga makin bertambah juga ketaqwaan terhadap Tuhan dan dapat mengharumkan nama Sumatera Utara di kancah nasional dan internasional," harap pria yang yang masih berstatus sebagai mahasiswa di Pertanian USU Jurusan Keteknikan Pertanian, Semester 7 itu.

Imam sendiri mengakui sudah mencintai voli sejak dirinya duduk di bangku kelas 4 SD. Berawal dari hobi, akhirnya nyaman dan diseriusin serta ikut latihan rutin.

"Saat MTs sudah mengikuti kejuaraan di kabupaten. Kemudian di SMA diamanahkan untuk membawa nama Sumut antar pelajar nasional dan sekarang aktif hingga mengikuti Pelatda PON Sumut," kenangnya.

Imam panggilan akrabnya itu pun mengaku senang dipercaya sebagai kapten. Apalagi dirinya mengaku sering mendapatkan amanah kapten di setiap even yang diikuti.

"Kalau bawa nama daerah memang sering jadi kapten, tapi kalau bawa nama Sumut baru saat Pelatda PON ini aja," ujarnya.

Ketika ditanyakan rasanya menjadi kapten, awalnya menjalin komunikasi yang baik dengan kawan-kawan dan pelatih. Kendati berat tapi Imam hanya menjadikannya sebagai proses pendewasaan diri.

Berikut sejumlah prestasi yang pernah dihantarkan Imam selama menjadi pemain voli, Juara 2 Porkab Labura 2015, Juara 1 Popwil Riau 2016, Juara 3 Kejurda Junior Sibolga 2017, Juara 1 Kejurda Senior Langkat 2017, Peserta Popnas Jawa Tengah 2017, Tosser Terbaik Dharmawangsa cup 2018, Toser terbaik Kapolres Cup Labuhan Batu 2018, Juara 1 Porwilsu Tanjung Balai 2018, Juara 2 Kapolda Cup 2019, Juara 2 Porprovsu 2019, Juara 1 Porwil Sumatera-Bengkulu 2019, Juara 3 Lavani Cup Cikeas Jawa Barat 2020, Atlet Pelatda Sumut PON Papua XX 2020.

Disinggung pertandingan paling berkesan dari sederet pengalaman pertandingan yang pernah dilakoni, Imam mengaku sangat berkesan kala bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia.

"Saat bertanding ke Cikeas Jawa Barat. Bisa bertemu langsung dengan Presiden RI ke 6 bapak Susilo Bambang Yudhoyono," ucap pria penikmat Sate Padang ini dengan penuh bangga. (*)

Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga