*PON XX Papua

Wahyu Rizky Ananda Syahputra Siap 100 Persen, Pedayung Sumut Ingin Persembahkan Medali

Wahyu Rizky Ananda Syahputra
Wahyu Rizky Ananda Syahputra

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Wahyu Rizky Ananda Syahputra atau lebih akrab disapa Wahyu mengaku telah melakukan persiapan matang menatap PON Papua 2020.

Bahkan, atlit dayung andalan Sumatera Utara yang berasal dari Kota Medan ini mengaku ingin mempersembahkan emas untuk daerahnya. Bagaimana persiapan yang telah dilakukan? berikut pengakuan Wahyu kepada Medansport.id, belum lama ini.

Buah hati Surya Darmadi dan Hamidah yang hobi bersepeda ini menuturkan, demi mimpinya meraih medali hampir setiap hari Wahyu melahap porsi latihan. Dirinya hanya menyisakan sehari dalam sepekan untuk libur dari latihan yakni pada hari Minggu. Selebihnya, tak ada kata untuk berlibur untuk atlet 18 tahun ini.

Hasil latihan pun berbuah hasil, Wahyu berhasil mempersembahkan sejumlah penghargaan seperti Porkot dan Porwil 2020 dengan raihan medali emas.

Kini Wahyu yang akan berlaga di nomor pelombaan perahu perorangan kayak jarak di no 1000 m dan jarak 200 m pada PON Papua nanti semakin mantap menatap pertandingan sesungguhnya.

"Kalau di cabor dayung kekuatannya merata. Gak bisa diprediksi dari daerah mana yang kuat. Tapi saya tetap berharap bisa bawa pulang medali buat Sumut karena persiapan yang dilakukan Sudah 100 persen. Siap sudah pasti," ucap sulung dari 4 bersaudara itu yakin.

Wahyu Rizky Ananda Syahputra sendiri mengisahkan awal dirinya mengenal olahraga dayung berawal dari tempat dirinya mengenyam pendidikan di SMK Bahari Hang Tuah Belawan.

"Pada saat itu kepala sekolah mengumumkan bahwasannya ada olahraga dayung dekat sekolah. Kaena pelatih saya bu Ita Anggaraini minta kepada kepala sekolah agar mengutus siswa untuk dilatih pada cabor dayung dan saya salah satunya," kenang Wahyu.

"Semenjak itu saya mulai bergabung di olahraga dayung. Sudah 2 tahun lebih saya mengenal cabang olahraga dayung dan saya melihat besar peluang besar di olahraga dayung ini. Dari situ saya memutuskan untuk memfokuskan diri pada cabang olahraga dayung ini ujarnya." sambungnya dan berharap latihan yang dilakukannya saat ini dapat membuahkan hasil yang maksimal. (*)

Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga