*PON Papua 2020

Si Anak Binjai Punya Mimpi Harumkan Sumut Di PON Papua

Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal - Atlit Taekwondo Sumut -PON Papua 2020

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Muhammad Iqbal miliki mimpi besar bisa membawa pulang emas pada perhelatan PON 2021 di Papua nanti. Hal itu disampaikannya saat disambangi tim Medansport.id beberapa waktu lalu.

Sebagai atlit taekwondo berprestasi keinginan Muhammad Iqbal bukanlah isapan jempol semata. Pasalnya, atlet yang berdomisili di Jalan MT Haryono Kota Binjai ini telah memulai debutnya mengenal olah raga taekwondo ketika masih duduk di kelas IV Sekolah Dasar tepatnya komplek Handayani Kota Binjai.

Kendati saat itu Iqbal tidak mengetahui bahwa olah raga yang diperkenalkan temannya itu adalah ooahraga taekwondo. Namun, dirinya tetap menikmati proses berlatihnya kala itu.

Dirinya pun mengaku mulai fokus berlatih sejak SMA dan bergabung Tiger Taekwondo Club dengan pelatih Zainuddin.

"Hampir 11 tahun saya berlatih bersama beliau (Zainuddin) beberapa even mulai saya ikuti baik junior maupun senior terkhusus dikelas heavyweight," kenang Iqbal.

Namun konsentrasinya di dunia olahraga beladiri ini sempat terhenti kala itu. Iqbal memilih untuk fokus menamatkan jenjang perguruan tingginya.

Tak lagi terbersit dibenaknya untuk kembali menekuni taekwondo mengingat Iqbal telah vakum beberapa tahun.

Siapa sangka, dirinya justru mendapatkan tawaran dari para seniornya untuk mengikuti beberapa kejuaraan daerah di kelas middleweight.

"Bermula dari ajakan tersebut saya bisa menyabet beberapa mendali di ajang Porwil, Poprov bahkan Kejurda,” ujarnya dengan penuh bangga.

Setidaknya, dari perhelatan kejuaraan yang pernah diikutinya, Iqbal berhasil meraih emas pada Porwil 2018, medali emas Poprov 2019 dan perak pada . Prapon 2019.

Rentetan hasil positif yang diraihnya itu membuat semangatnya kembali untuk menekuni taekwondo. Bahkan, kini Iqbal mendapatkan kepercayaan untuk membawa nama harum Sumut dan Binjai khususnya pada perhelatan PON Papua nanti.

Baca Juga : Evy Atlit Peparnas ; Terpuruk Lalu Bangkit Dan Berprestasi 

Bagi Iqbal untuk bisa meraih mimpinya mendulang emas perlu usaha dan kerja keras, dibarengi dengan persiapan fisik, mental dan strategi pastinya.

"Yang paling utama sih mental, maksudnya mental gak mau kalah di setiap pertandingan,” ujarnya penuh keyakinan.

Iqbal yang akan turun di kelas under 87 putra itu berharap dukungan dan doa warga Sumut agar bisa membawa prestasi. Anak ke dua dari pasangan Edi mulyono dan Purnama Angkat ini pun berharap bisa optimal.

"Mudah-mudahan bisa optimal bertanding nantinya dan bisa jadi kebanggaan keluarga, daerah dan optimis dapat mempersembahkan emas untuk kontigen Sumut," harapnya mengakhiri. (*)

Penulis: joko
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga