Penuh Manfaat, Lurah Suka Maju Pilih Olah Raga Bersepeda

MEDANSPORT.ID – MEDAN – Bersepeda kini menjadi trend di kalangan perkotaan, khususnya yang memiliki kegiatan rutin Car Fre Day (CFD). Hobi ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menyehatkan.

Alasan itu pulalah yang membuat Lurah Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Harry Agus Perdana, S.STP, beralih pilihan soal olah raganya. Dari hobi lari, kini menjadi hobi bersepeda.

“Yang paling penting pertama dan utama, bersepeda bisa dilakukan bersama keluarga. Jadi anak-anak bisa ikut. Kalau larikan cuma saya sendiri. Jadi bersepeda itu jauh lebih menyenangkan. Apalagi bila ada CFD,” katanya kepada Medansport.id, kemarin.

Manfaat lainnya dalam dinaspun, katanya, tak kalah penting. Apalagi saat pandemi ini.

“Saya sering keliling menyapa warga dengan bersepeda. Kita bisa melihat langsung kondisi warga kita. Bisa menampung aspirasi dan melihat kebutuhan warga. Apalagi saat pandemi ini,” ucap lurah yang mengaku sering bersepeda di wilayah kerjanya.

Tak hanya soal keluarga dan kedinasan, bersepeda juga bermanfaat untuk lingkungan. Khususnya dalam mengurangi polusi udara.

“Mengurangi polusi kendaraan bermotor itu yang paling jelaslah ya. Biar agak bekuranglah ya polusi," urainya.

Dari beberapa referensi yang diketahui, bersepeda juga sangat baik untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari serangan penyakit degeneratif yang berbahaya seperti diabetes mellitus.

Bersepeda dapat menjadi olahraga pilihan bagi penderita diabetes. Dengan bersepeda, kalori dalam bentuk karbohidrat, protein, dan lemak akan terbakar. Hasilnya kadar gula dalam darah yang berasal dari karbohidrat dapat ditekan.

“Karenanya saya beralih olah raga,” tutupnya. (*)