Stadion Rp 1,8 T, Spirit Baru PSMS Ke Liga 1

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Sumut bakal memiliki satu stadion bertaraf internasional yang bakal berdiri megah di area Sport Center kawasan Desa Sena, Kecamatan Batangkuis Deli Serdang.

Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Gubernur Sumut yang juga menjabat Dewan Penasehat PSMS, Edy Rahmayadi, Jumat (1/8/2020) sore.

Dalam kesempatan itu, Edy menjelaskan jika pembangunannya butuh anggaran mencapai Rp1,8 triliun untuk sebuah stadion megah berkapasitas 75 ribu penonton itu.

"Cita cita ini sudah lama saya nantikan dan harus kita lakukan. Stadion Teladan itu dibangun 1950. Dari SD saya nonton di sana, sampai umur saya 60 tahun Maret nanti, saya masih nonton di Teladan," ungkap Edy di hadapan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Pangdam I/BB Mayjend TNI Irwansyah, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Bupati Labura Kharuddin Syah Sitorus dan Bupati Batubara, H Zahir, serta unsur pengurus olahraga lainnya.

Kehadiran stadion ini pun tak hanya sebatas cita-cita namun juga sebagai spirit baru bagi skuat PSMS Medan untuk meraih targetnya ke Liga 1 di musim depan.

Mengingat pembangunan ini bilang Edy, akan diawali dari venue Stadion Utama Sepakbola dan ditargetkan rampung dalam tempo 3 tahun atau Februari 2023.

“Khusus untuk Stadion itu dperkirakan Februari 2023 selesai. rumputnya aja lamanya nanti 9 bulan. Ada 36 venue khusus olahraga saja, belum sarana – sarana lain seperti sarana olahraga, pariwisata, dan shopping center. Di sini tempat keramaian orang bukan saat olahraga saja. Kemudian ada juga rumah sakit dengan anggaran berkisar Rp 1,8 triliun juga. Ke depan ada 5 ribu room rumah Sakit Haji Mina internasional yang pembangunannya di mulai Maret 2021. Ada juga Stadion akuatik dengan kapasitas 1.300 penonton. Serta Stadion atletik 2.600 penonton,” terangnya.

Pemain PSMS, Syaiful Ramadhan bersama buah hatinya saat menghadiri acara Groundbreaking Sport Center, Jumat (14/8/2020) sore.

Keinginan Edy Rahmayadi pun disahuti manajemen PSMS Medan, dalam hal ini disampaikan Sekum PSMS Julius Raja.

"Kita salut sama pak Edy dengan cita-cita dan ambisi besarnya membangun stadion megah bertaraf internasional. Ini akan menjadi penyemangat baru bagi kami, dengan stadion megah kita (PSMS) harus mampu bermain di level tertinggi yakni Liga 1," tegas pria yang akrab disapa King itu.

Setidaknya untuk kawasan sport center akan dibangun 36 venue olahraga. Total anggaran yang digunakan minimal mencapai Rp 8,6 triliun. Anggaran berasal dari APBD, APBN, dan investor. (*)

Penulis: Reporter

Baca Juga