Atlet Sepatu Roda Sumut Rencana Latihan di Luar Sumatera

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Atlet-atlet Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Sumatera Utara saat ini lebih banyak menghabiskan latihan di luar daerah. Apa sebabnya?

Saat ini ada 16 atlet sepatu roda Sumut yang sedang mengikuti Pelatda PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Persiapan terus dilakukan, termasuk berlatih di luar Sumatera. Pelatih Sepatu Roda Sumut, Fahmi F Ramadhan didampingi pelatih fisik Bima Anugrah Putra Saing menjelaskan, para atlet saat ini lebih banyak berlatih di Semarang. Bukan tanpa alasan, lintasan sepatu roda di Medan masih direnovasi.

“Latihan teknik otomatis lebih banyak di Semarang, karena kondisi lapangan di sana ready. Sementara di Medan sebenarnya ada dua: Cadika dan Dispora. Cadika itu Cuma standar klub, lapangan juga licin. Sedangkan lintasan di Disporasu sedang direnovasi,” ucap Fahmi F Ramadhan saat Visitasi Posko Publikasi PON 2024 wilayah Sumut yang dipimpin Arma Winarti Hasibuan mewakili Pemprov Sumut di SCBD Polonia saat latihan fisik, kemarin.

Kendala lainnya coba mereka uraikan. Terutama dari segi peralatan latihan. Untuk latihan teknik, kebutuhan roda sangat penting. “Dalam setahun ada 7 sampai 10 lomba. Sedangkan roda sekali pakai itu habis. Jadi kami butuh bantuan roda. Sejauh ini belum ada,” kata Fahmi.

“Untuk latihan fisik butuh box jump, gawang dan ladder drill. Itu belum ada. Makanya kita inisiatif member di gym. Ini dana pribadi atlet. Untuk hasil dari tes fisik yang sudah kita jalani selama 2 tahun ini perkembangannya baik sekali,” tutur Bima menambahi.

Bicara target 1 emas pada PON 2024, pihaknya mengakui masih on the track. Target tersebut diakui cukup realistis mengingat di PON Papua 2021 lalu, Sumut dapat 2 perak.

Sementara Arma Winarti Hasibuan mewakili Disporasu yakin, kendala yang dihadapi para atlet sepatu segera teratasi. “Insyah Allah, pengajuan sudah masuk dan sudah diproses untuk anggaran 2024. Kita berharap atlet sukses dan kalau bisa target bertambah. Jadi harus tetap semangat latihannya,” pesannya. (ril/mds)

Penulis:

Baca Juga