Fokus Latihan Fisik Jelang PON 2024

Atlet Loncat Indah Sumut Adu Kemampuan di Aquatik Indonesia Jakarta

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumatera Utara (Sumut) memantapkan persiapan atlet loncat indah menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumut dengan menggenjot porsi latihan fisik di stadion Renang Selayang Medan.

“Sumut direncanakan akan menerjunkan 5 atlet untuk loncat indah dan sejak sekitar pertengahan 2022 lalu telah menjalani pemusatan latihan daerah," kata pelatih loncat indah Sumut, Aqil Muhammad, Sabtu (2/12/2023).

Atlet loncat indah Sumut tersebut, masing-masing Wahyudi Syahputra, Muhammad Jatayu, Angle Theresia Purba, Chairunnisa Adinda, dan Vania Theola Barus. Para peloncat indah Sumut itu akan tampil di nomor, antara lain synchro 3 meter serta 1 meter dan sinkronisasi menara 10 meter.

“Dari lima atlet putra dan putri itu, kita menargetkan minimal meraih satu medali emas,” ujar Aqil.

Para atlet loncat indah Pelatda Sumut itu juga telah diikutsertakan dalam event berskala nasional, di antaranya Festival Aquatik Indonesia di Jakarta.

Ketika ditanya soal persaingan dalam hal perebutan medali loncat indah PON 2024, Aqib memprediksi lawan berat yang bakal dihadapi, antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Tengah.

Diakuinya, persiapan atlet loncat indah Sumut selama pelatda berjalan masih fokus kepada latihan fisik secara terprogram, karena sarana di Stadion Renang Selayang yang dijadikan arena latihan hingga saat ini masih dalam tahap renovasi.

“Kita masih terus memompa kondisi fisik pemain dan saya lihat banyak kemajuan-kemajuan pemain dalam endurance. Sejauh latihan yang saya lihat, mereka menunjukkan perkembangan sangat positif,” tuturnya.

Dikatakan, kegiatan latihan loncat indah secara keseluruhan baru berjalan sesuai standar baku setelah kolam di Stadion Renang Selayang dapat difungsikan sekitar Februari 2024 atau bersamaan dengan dimulainya tahapan pemusatan latihan atau TC penuh. (ril/mds)

Penulis:

Baca Juga