1. Beranda
  2. Medan
  3. Sepakbola

Ulasan Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut Semifinal Leg 2 Piala AFF

Indra Efendi Rangkuti: Diprediksi Laga Berakhir Imbang

Oleh ,

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Timnas Indonesia akan bersua Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB, yang disiarkan langsung stasiun televisi lokal RCTI. Timnas Indonesia datang ke laga ini dengan membawa modal hasil imbang tanpa gol di leg pertama.

Dengan hasil itu, peluang Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan lolos ke final masih terbuka. Namun situasi pertandingan ini bakal berbeda. Timnas Indonesia akan mendapatkan perlawanan sengit dari Vietnam yang didukung langsung suporter fanatik mereka.

"Vietnam jelas akan bermain lebih agresif dan ofensif demi mengamankan kemenangan. Aturan gol tandang di Semifinal dan Final yang diberlakukan di AFF Cup 2022 ini memberi "angin segar" bagi Indonesia karena jika Indonesia dan Vietnam bermain imbang dengan gol, maka Indonesia yang akan lolos ke Final karena di leg I skor kedua tim imbang 0-0," ungkap Indra Efendi Rangkuti selaku Staf Tax Centre USU dan Pemerhati Olahraga Sumut, Senin (9/1/2023).

Kata dia, Indonesia punya kenangan positif kala bertandang ke Vietnam terakhir kali dalam Semifinal Leg II AFF Cup 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi. Kala itu Boaz Solossa dan kawan-kawan sukses menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2. Alhasil Laskar Garuda lolos final setelah menyingkirkan Vietnam dengan keunggulan skor agregat 4-3 setelah di Leg I waktu itu Indonesia melibas Vietnam 2-1.

Namun demikian, Timnas Indonesia yang kini diasuh Shin Tae-yong layak mewaspadai kekuatan Vietnam. Setelah Piala AFF 2016, Indonesia kesulitan menang atas Vietnam. Di 4 pertemuan terkini, Indonesia menelan 2 kekalahan dan 2 hasil imbang melawan Vietnam.

Dalam laga fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022, skuad Merah Putih bahkan 2 kali dihajar oleh tim racikan Park Hang-Seo ini. Timnas Indonesia kalah dengan skor 1-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, dan tumbang 0-4 di Stadion Al Maktoum, Dubai.

Berita Lainnya