Dojo Tako MTs Umar Bin Khattab Gelar UKT Pertama

MEDANSPORT.ID - DELISERDANG - Sekolah adalah tempat menimba ilmu. Namun, sekolah juga memiliki fungsi untuk membangun mental dan karakter siswa. Itulah yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Umar Bin Khattab, Jalan Utomo, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.

Upaya pembangunan mental dan karakter yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler di bidang olahraga, yaitu beladiri Karate. Minggu (8/1/2023), Dojo Tako MTs Umar Bin Khattab, menggelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT).

UKT yang pertama kali dilaksanakan ini diikuti 30 siswa sabuk putih. "UKT ini untuk naik tingkat dari sabuk putih ke sabuk kuning," ujar Ketua Dojo MTs Umar Bin Khattab, senpai Abdul Ghafur Sina.

Abdul Ghafur yang juga Kepala MTs Umar Bin Khattab ini berpesan kepada para peserta, agar menjadikan UKT tersebut sebagai momentum tidak hanya untuk meningkatkan kualitas kemampuan beladiri, tapi juga mampu menciptakan karakter dan mental siswa yang tangguh dan berdisiplin tinggi.

Senpai Abdul Ghafur Sina yang karib disapa Popoy sekaligus tokoh pemuda Kabupaten Deli Serdang ini memberi apresiasi kepada sensei Ferry Sugawa yang telah melatih para siswa dengan penuh dedikasi tinggi.

Sementara itu, sensei Ferry Sugawa menyampaikan UKT kali ini bukan seperti latihan biasa. Para siswa harus menunjukkan kemampuannya dalam memahami materi latihan yang selama ini telah dijalankan. Disebutkannya, beberapa materi yang diujikan pada UKT kali ini, yakni materi fisik, kihong/kata, dan uji mental.

Sensei Ferry Sugawa juga berharap agar para siswa meningkatkan kedisiplinan dalam berlatih dan yang terpenting tetap rendah hati.

"Bagi yang mendapatkan nilai tertinggi dan terbaik jangan menjadi tinggi hati, dan bagi yang mendapatkan nilai rendah jangan berkecil hati," ujarnya. (*)

Penulis: Arie
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga