Kejurnas Karate Zona Sumatera 2022

ASKI Sumut Raih Juara Umum

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Akademi Seni Beladiri Karate Indonesia (ASKI) Provinsi Sumatera Utara meraih juara umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ASKI Zona I Sumatera yang berlangsung di Bukittinggi, 26-27 Maret 2022. ASKI Sumut memperoleh 66 medali dengan rincian  32 emas, 21 perak dan 13 perunggu.

Dari 66 medali yang diraih ASKI Sumut, ASKI Medan menyumbangkan 13 medali. Sebelum mengikuti Kejurnas ASKI Zona Sumatera di Bukittinggi, Pengcab ASKI Medan yang ikut mewakili Sumut menunjuk Dojo Baja untuk beraksi dan meraih prestasi di bawah pelatih Senpai Ardin Faudan, Senpai Jefri F Manurung didampingi langsung Ketua Pengcab ASKI Medan Matius Wau.

Hasilnya, dari 15 atlet yang dikirim di Kejurnas ASKI Zona Sumatera di Bukittinggi, Pengcab ASKI Medan melalui Dojo Baja menyumbangkan  10 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Senpai Jefri F Manurung yang juga pengurus ASKI Sumut, di Medan, berharap apa yang sudah diraih supaya bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Apalagi mengingat setelah ini akan lanjut dengan Grand Final Kejurnas ASKI antar zona pada bulan Juli 2022, mendatang di Jakarta. Ada pun atlet yang berhak untuk ikut pada Grand Final KejurnasASKI di Jakarta adalah atlet peringkat I,II, III dari masing-masing zona, yaitu zona I (Sumatera), zona II (Jawa, Bali, NTB dan NTT), zona III (Kalimantan) dan Zona IV (Sulawesi, Maluku dan Papua).

Sedangkan pelatih ASKI Medan (Dojo Baja Medan) Senpai Ardin Fau mengatakan, mengingat grand final Kejurnas ASKI di Jakarta akan berlangsung ketat. "Kami akan meningkatkan kualitas para karateka agar dapat berkompetisi lebih baik lagi. Oleh sebab itu kami berharap dukungan dari semua pihak, termasuk para orang tua atlet," ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Ahmad Fadly Siahaan, salah seorang karateka peraih medali emas pada Kejurnas Zona I Sumatara di Bukittinggi dan belum lama ini meraih dua medali emas kategori 'kata' dan 'kumite' di Kejurda ASKI Solidarity Cup I (open) di Padang, 7-9 Januari 2022, memiliki tekad untuk memberikan yang terbaik pada Grand Final Kejurnas ASKI.

“Tekad saya adalah meraih medali di Grand Final Kejurnas ASKI yang akan dilaksanakan di Jakarta pada Juli 2022 mendatang," sebut Fadly dengan penuh semangat dan motivasi tinggi sambil menggenggam tangan.

Karateka ASKI Medan yang meraih medali di Kejurnas ASKI Zona I Sumatera:

1. Arta Munthe (Mahasiswi Unimed) : emas di kelas under +68 kg putri
2. Laura Nathaya Hutabarat (Mahasiswi Unimed): emas di kelas under -61 kg putri.

3. Tiara Maraulina Munthe (Mahasiswi Unimed): emas di kelas under -55 kg putri

4. Ahmad Fadly Siahaan (Siswa SMAN 7 Medan) : emas di kelas Junior +76 kg putra

5. Ricky Riadi (Siswa SMAN 7 Medan) : emas di kelas Junior -55 kg putra.
6. Sekar Ragil Waranggani (Siswi SMAN 1 Percut Seituan): emas di kelas Junior +59 kg putri.

7. Michael Bryan Fau (Siswa SMP Markus Medan): emas di kelas kadet -57  kg putra.

8. Reynand Rrederic Fau (Siswa TK Markus Medan): emas di kelas pra usia dini putra.

9. Samuel Wiratama Gurning (Siswa SD Budi Murni 6 Medan): emas di kelas pra pemula +35  kg putra
10.  Axellio Fau (Siswa SD Markus Medan): emas di kelas pra pemula -35  kg putra.

11. Mikala Justin Gabriel Wu (Siswa Methodist 5 Medan): perak di kelas pra pemula +35  kg putra.

12. Fadhil Devando Briliantino (Siswa SD Sutomo Medan): perunggu di kelas pra pemula +35  kg putra
.13. Rafa Alfarizi Azi (Siswa SD Al Amjad Medan): perunggu di kelas pra pemula +30   kg putra. (***)

Penulis: Bayu
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga