Minus Dana APBD

Donatur Akan Bangun 5 Lapangan di Kota Medan

Donatur Siap Bangung 5 Lapangan di Kota Medan

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Lima dari 7 lapangan yang akan dibangun Walikota Medan Bobby Nasution ternyata mendapat 'suntikan' dari donatur atau pihak ketiga. Artinya, kelima lapangan yang berada di kecamatan tanpa kucuran dana APBD Kota Medan.

Informasi tersebut diperoleh dari hasil rapat dipimpin Walikota Medan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan di ruang rapat III, Kantor Wali Kota, Kamis (17/3). Lapangan yang dibenahi merupakan dibawah kewenangan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan.

Rencana awal pembenahan lapangan olahraga sesuai instruksi Bobby Nasution adalah Lapangan Pertiwi di Medan Barat, Lapangan Balai Desa di Medan Helvetia, Lapangan Martubung/ Ladon di Medan Labuhan, Lapangan Sejati di Medan Johor, Lapangan Gajah Mada Krakatau di Medan Timur dan Lapangan Rengas Pulau di Medan Marelan dan Lapangan Tuntungan di Medan Tuntungan.

Lapangan yang akan dibangun pihak ketiga adalah lapangan Pertiwi di Kecamatan Medan Barat, lapangan Martubung di Medan Labuhan, lapangan Balai Desa di Medan Helvetia, kemudian lapangan Gajah Mada Krakatau di Medan Timur dan Lapangan Sejati di Medan Johor.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan menjelaskan bahwa sesuai arahan walikota, hadirnya pihak ketiga merupakan keberkahan bagi Kota Medan. Sebab di saat Pemko Medan akan melakukan pembenahan di tujuh lapangan, ternyata pihak donatur bersedia membangun lima lapangan.

"Keinginan pak Wali dan kesediaan donatur untuk membantu ini harus kita sambut dengan baik. Lapangan olahraga ini akan segera dibangun sesuai arahan pak Wali,"

Menurut Aspem, konsep yang telah ada di Dispora diharapkan dapat langsung disegerakan pembuatan DED dan RAB sehingga dapat diberikan kepada pemborong untuk segera dibangun. Kemudian bagi kecamatan diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan rencana pembangunan lapangan di tujuh kecamatan tersebut.

Sebelumnya Kadispora Pulungan Harahap mengungkapkan bahwa pertemuan ini dilakukan guna membahas pembenahan dan pembangunan tujuh lapangan olahraga di kecamatan, khususnya untuk lima lapangan yang akan dibangun pihak ketiga. Artinya melalui pihak kecamatan harus benar-benar siap mendukung dan membantu
kelancaran pembangunan yang akan dilakukan nantinya.

Dijelaskan Kadispora, saat ini tahap pembenahan lapangan olahraga sudah pembuatan DED oleh Dinas PKP2R, dalam beberapa hari ini akan terbit RAB, selanjutnya akan diberikan kepada pemborong untuk segera
dibangun.

“Lapangan Pertiwi di Medan Barat akan dibangun pertama oleh pihak ketiga. Kita targetkan setiap bulan ada satu lapangan yang dimulai pembangunannya,” jelas Kadispora. (ril/mds)

Penulis:

Baca Juga