KPOTI Sumatera Utara

Usung Tema Ketahanan Budaya saat Pelantikan, Ketua DPRDSU Minta KPOTI SUMUT Siap Jadi Benteng Pertahanan Bangsa

Baskami juga menjelaskan, pelestarian permainan rakyat dan olahraga tradisional juga merupakan amanah UU Pemajuan Kebudayaan tahun 2017.

"Di sinilah kita melihat bagaimana dahulu Bung Karno berpesan agar bangsa ini memiliki benteng kebudayaan nasional. Kita tidak anti terhadap budaya asing, namun kita harus senantiasa memiliki jati diri sebagai sebuah bangsa yang memiliki peradaban besar," tambahnya.

Baskami berharap dengan dilantiknya KPOTI dan pembentukan pangkalan olahraga tradisional mampu memberi ruang kreativitas kepada masyarakat.

"Saya menyambut baik pelantikan KPOTI ini. Saya berharap KPOTI menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan wadah serta melestarikan kebudayaan," imbuhnya.

Ditempat yang sama Ketua Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPOTI Sumut) Agustin Sastrawan Harahap mengatakan, hampir di setiap daerah memiliki ragam permainan rakyat dan olahraga tradisional seperti enggrang, terompah, hadang, ketapel, panah tradisional, dan lainnya.

"Ada 2600 jenis permainan rakyat yang sudah ditemukan oleh KPOTI melalui riset yang dilakukan oleh Ketua Umum KPOTI Pusat Dr. M. Zaini Alief, dan ini merupakan jumlah permainan terbanyak di dunia. Kita harus bangga bahwa bangsa ini memiliki kekayaan budaya yang luar biasa besarnya". Ungkap Agustin

Keunikan permainan rakyat dan olahraga tradisional itu mengisyaratkan bahwa bangsa ini memiliki wujud persatuan. Jenis-jenis permainan itu mengajarkan kita bela rasa, gotong royong, kebersamaan, welas asih, toleransi, adil, jujur, disiplin, sportivitas.

“Dewasa ini dengan ragam budaya Indonesia, kita dihadapkan pada tantangan global dan dinamika sosial yang sangat kompleks. Indonesia dengan multikulturnya secara perlahan digerus perkembangan zaman. Padahal, lanjutnya, sebagai bangsa besar dengan nilai-nilai luhur kebudayaan di dalamnya adalah aset terpenting bagi Indonesia yang harus terus dijaga.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:
Editor: Joko Herianto

Baca Juga