Catatan Indra Efendi Rangkuti, Pengamat Olahraga

Sunardi B, Sosok Krusial di Balik Kebangkitan PSMS di Masanya

Pada PON 1989 Sunardi B menjadi asisten pelatih Tim PON Sumut mendampingi sahabatnya Nobon sebagai Pelatih dan ternyata kolaborasi keduanya sukses membawa Tim PON Sumut meraih Medali Emas setelah di Final mengalahkan Jawa Timur 2-1. Pada putaran kedua Divisi Utama Perserikatan PSSI 1989/1990 Sunardi B ditunjuk menjadi pelatih PSMS berduet dengan Suryanto Herman menggantikan Parlin Siagian yang mundur usai hasil buruk PSMS pada putaran pertama.

Tangan dinginnya yang didukung Ompung Kamaruddin Panggabean sebagai penasehat teknis sukses membawa PSMS lolos ke babak 6 Besar. Sayang akhirnya PSMS tampil anti klimaks hingga akhirnya terhenti di babak 6 Besar. Sunardi B juga ikut mendampingi Nobon ketika melatih Tim Sumut pada PON 1993 yang untuk pertama kali menggunakan format U-23.

Sayang langkah Sumut terhenti di penyisihan grup usai partai kontroversial melawan Jawa Barat. Seusai pensiun dari PTP Sunardi B kembalike kampung halamannya di Simalungun. Walau begitu sesekali Sunardi B masih datang ke Medan berkumpul bersama rekan – rekannya sesama Mantan Pemain PSMS Medan. Namanya akan tetap dikenang sebagai Legenda PSMS Medan.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Mojon

Baca Juga