KPOTI Sumut Resmi Bentuk Pangkotrad di Kabupaten Langkat

"Pangkotrad dihadirkan sebagai komitmen KPOTI Sumut dalam mengawal pertahanan budaya harus ada di setiap Desa hingga ke dusun-dusun diharapkan juga terbentuk Pangkalan Olahraga Tradisional. Semangat ini kita tunjukkan sebagai wujud kecintaan kita terhadap bangsa dan negara. Di samping ikhtiar kita dalam mewujudkan visi KPOTI yang selalu disampaikan dalam slogan Lestari Budayaku Bugar Bangsaku dapat terwujud di Provinsi Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Langkat," kata Agustin dalam pembukaan kegiatan.

Ditambahkannya, pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Peserta nantinya akan dikenalkan lebih jauh tentang permainan rakyat dan olahraga tradisional, pelatihan jurnalistik kebudayaan, pemahaman dasar tentang objek pemajuan kebudayaan, manajemen organisasi pembentukan PANGKOTRAD, peraturan penjurian dan standarisasi olahraga tradisional serta pemahaman ideologi Pancasila dengan Pancamain Indonesia.

"Pembentukan Pangkotrad di Langkat nantinya harus dikemas dengan rasa bahagia sehingga tumbuh rasa cinta kita terhadap budaya khas bangsa dan tentunya bergerak bersama dalam melestarikannya," kata Agustin.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Potensi Desa Dinas PMD Langkat, Panji Setiawan SSTP mengapresiasi langkah yang dilaksanakan oleh KPOTI Sumut dan KPOTI Kabupaten LANGKAT.

"Ini merupakan langkah positif dan sangat bermanfaat untuk pemerintah khususnya masyarakat di Kabupaten Langkat Dinas PMD pastinya mendukung penuh dan akan segera bersinergi dengan KPOTI untuk pembentukan pangkalan olahraga tradisional disetiap desa yang ada di Kabupaten Langkat," kata Panji.

Panji menyampaikan pihaknya secara konkrit akan mengusulkan Pangkotrad bisa mendapat alokasi dana desa.
"Pemerintah harus hadir secara konkrit agar kepedulian kita terhadap pertahanan budaya tidak terhenti di tengah jalan," kata Panji.

Di tempat yang sama, Ketua KPOTI Langkat Muhammad Rafii menyampaikan apresiasi luar biasa kepada KPOTI Sumut yang menggagas pembentukan Pangkotrad.

"Kami optimis Pangkotrad bisa terbentuk di semua desa di Kabupaten Langkat. Ini menjadi modal bagi kita untuk terus berikhtiar dalam menggali, membumikan dan melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional khususnya di Kabupaten Langkat," tegas Rafii.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga