Ingat Ya!! Ini Jadwal Liga 3 dan Piala Soeratin Di Sumut

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Utara gulirkan kompetisi Liga 3 Indonesia dan Piala Soeratin tingkat Sumatera Utara, 1 September mendatang.

Ini disepakati dari hasil Workshop Liga 3 dan Piala Soeratin yang digelar Asprov PSSI Sumut di Aula Wisma USU, Selasa (16/7/2019).

Liga Piala Soeratin digelar untuk tiga kelompok umur sekaligus, yakni kelompok umur 17 tahun (kelahiran Januari 2002), 15 tahun (Januari 2004), dan 13 tahun (Januari 2006).

Komite Kompetisi Liga 3 dan Piala Soeratin Asprov PSSI Sumut, Drs H Hendra DS melalui Sekum Asprov PSSI Sumut Ir Fityan Hamdy menjelaskan untuk penyerahan berkas pendaftaran keikutsertaan klub (Form A1-A4) Liga 3 diterima panitia pada 17-24 Juli.

Dijelaskan, dengan sistem pendaftaran online ini diharapkan nantinya Sumut bisa diwakili tiga klub ke babak Regional Sumatera. Sedangkan kalau dipaksakan sistem offline, maka tim Sumut yang ke babak regional hanya satu klub saja.

"Mulai tahun ini pendaftaran tim peserta Liga 3 sudah sistem online. Ini sesuai regulasi PSSI. Jadi klub-klub peserta Liga 3 yang ingin mendaftarkan klubnya bisa langsung mengirimkan berkasnya ke email sumut@pssi.org," jelas Fityan.

Selanjutnya untuk Piala Soeratin U-17, penyerahan berkas pendaftaran pada 17-28 Juli. Kick-off direncanakan 8 September. Untuk Piala Soeratin, sistem pendaftaran masih offline dan hanya tim juara tingkat Sumut saja akan langsung tampil di babak Nasional.

Untuk Piala Soeratin U-15 dan U-13, kompetisi lebih dulu digelar Askab/Askot yang sudah harus rampung paling lambat akhir Agustus. Selanjutnya tim finalis berhak tampil di putaran provinsi yang akan digelar pada September.

Fityan Hamdy lebih lanjut menjelaskan, untuk Liga 3, tim peserta merupakan klub anggota PSSI dan calon anggota yang telah mendapat pengesahan administrasi pendaftaran sebagai calon anggota PSSI pada Kongres Tahunan Asprov dan atau Rapat Exco.

Untuk pemain Liga 3 adalah kelahiran per 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2001. Tim Liga 3 juga diperkenankan mendaftarkan lima pemain senior. Jumlah pemain minimal 18 dan maksimal 30 pemain yang semuanya berstatus amatir.

"Pemain yang sudah terdaftar di Liga 1, Liga 2, Liga 1 U-20 tidak dapat bermain di Liga 3 pada tahun yang sama. Pemain Liga 1 dan Liga 2 pada tahun sebelumnya jika ingin bermain di Liga 3 pada musim sedang berjalan harus beralih status ke amatir sesuai regulasi status dan transfer edisi terakhir," jelas Fityan.

Workshop Liga 3 & Piala Soeratin kemarin dibuka Ketua Asprov PSSI Sumut, Kodrat Shah diwakili Exco Prof Fidel Ganis Siregar. Hadir Wakil Ketua Asprov PSSI Sumut Barja Suihan SSos, Exco Drs H Hendra DS, Sri Radrida Lubis, Wasekum Muhammad, Wakil Bendahara Julius Raja, dan pengurus lainnya.

Prof Fidel Ganis Siregar berharap pelaksanaan Liga 3 dan Piala Soeratin tingkat Provinsi Sumut tahun ini dapat berlangsung sukses dan tim wakil Sumut nantinya mampu meraih prestasi di tingkat Regional dan Nasional.

"Kami harapkan juga workshop ini bisa membahas tuntas terkait regulasi kompetisi. Jangan sampai yang sudah dibahas dan disepakati dalam workshop menjadi permasalahan di luar. Klub-klub harus patuhi bersama regulasi kompetisi," ucap Prof Fidel.

Wakil Ketua Asprov PSSI Sumut sekaligus Ketua Panitia Workshop, Barja Suihan SSos, berharap kompetisi Liga 3 dan Piala Soeratin Provinsi Sumut dapat memunculkan pemain-pemain berkualitas sehingga diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia.

"Selain Timnas Senior dan U-23, PSSI juga membentuk Timnas U-19, Timnas U-16 serta Timnas Pelajar U-15 dan U-13 oleh Kemenpora dan BLiSPI. Kita harapkan potensi anak-anak Sumut dapat terus berkiprah di timnas layaknya Egy Maulana Vikri dan David Maulana," harap Barja. (*)