Muda, Energik, Kreatif dan Berwawasan Olahraga  

MEDANSPORT.ID Apresiasi Program Ketua PASI Sumut 

Boss MEDANSPORT.ID, Erri Manto Damanik.

MEDANSOPRT.ID - MEDAN - David Luther Lubis. Sosok muda, energik, kreatif dan berwawasan olahraga. Tepat sepekan lalu, pria berprofesi sebagai dokter spesialis obgin itu diberi amanah memimpin Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut.

Dalam pemaparannya usai dilantik, laki berkulit putih tersebut 'membuka' serangkaian lembar program. Mulai dari mencari bibit muda berbakat, pembinaan hingga meningkatkan sarana dan prasarana para atlet. Dan, gebarakan tersebut sepertinya telah lama dinanti para atlet yang terlahir di Sumatera Utara ini.

Menilik dari program kerja, terutama mengadakan sosialisasi ke daerah dengan mencari bibit-bibit potensial atlet asal Sumatera Utara, itu dinilai sangat efektif. Salah satu progres dan bentuk apreasi tersebut dituangkan MEDANSPORT.ID.

Media online yang konsen terhadap pemberitaan olahraga ini menganggap gebrakan yang dilakukan Ketua PASI Sumut David Luther Lubis, sepertinya bukan isapan jempol belaka. Mengingat bahwa atletik adalah cabang olahraga kedua terbesar yang digemari di tanah air.

"Ini (gebarakan) yang dimaui para atlet di Sumut. Ada suatu perubahan, yakni dengan menggali bakat dan minat atlet muda berbakat dari tanah 'Sultan'. Saya kira kalau digali akan muncul atlet-atlet muda dari sejumlah sekolah di daerah yang kemudian dilakukan pembinaan," seru Boss MEDANSPORT.ID, Erri Manto Damanik, Kamis (17/03/2022).

Tak salah jika program kerja Ketua PASI Sumut David Luther Lubis mengarah kepada pencarian bibit muda berbakat di daerah-daerah. Sebab, menurut Erri Manto Damanik, atlet-atlet yang besar saat ini kebanyakan dari daerah, dan bisa jadi bermukim di pelosok negeri.

"Dulu, Sumut terkenal dengan sejumlah atlet berbakat. Salah satunya Mardi Lestari dan banyak yang lainnya. Mereka itu merupakan atlet terbaik dari daerah," sebut ayah tiga anak ini.

Membanggakan lagi, lanjut Erri, Ketua PASI Sumut tengah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumut. Bentuk kolaborasi itu dengan memasukkan kegiatan ekstrakulikuler untuk cabang olahraga atletik.

"Nah, dari kolaborasi ini saya meyakini Sumut akan kembali bangkit dan berprestasi di bidang olahraga atletik-nya. Dari situ pula bakat para pelajar di bidang olahraga atletik bisa tergali," tukas Alumni UMSU ini.

Hanya saja, urainya, selama ini bakat dan minat atlet muda di daerah kurang terekspos. Sehingga cuma berkecimpung di tingkat kampung. Dengan rencana Ketua PASI Sumut menggelar event, mulai tingkat pelajar, mahasiswa dan umum itu otomatis harapan untuk mencari 'Mardi Lestari' lainnya bisa didapati.

"Sekali lagi saya katakan, saya mendukung penuh kolaborasi PASI Sumut bersama Disdik Sumut  untuk memasukkan Cabor Atletik dalam ekstrakuler di seluruh sekolah. Itulah pentingnya sosialisasi ke daerah, bahkan kalau bisa PASI Sumut 'mengobrak-abrik' desa atau permukiman warga yang berada di pinggiran. Di sana (perkampungan-red) pasti ada talenta-talenta muda yang belum tergali selama ini," ujarnya.

Erri pun tak henti mensuport Ketua PASI Sumut, David Luther Lubis lebih berkreasi, lebih kreatif dan lebih berinovasi dalam membangun atlet-atlet berbakat asal Sumatera Utara.

"Sumut bisa, Sumut Bermatabat, Sumut akan kembali berjaya di tangan abangda David Luther Lubis yang kini memegang tampuk PASI Sumut," akhiri Erri Manto Damanik. (***)

Penulis: Win
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga